Hiking di Puthuk Gragal, Bonus Air Terjun di Jalur Pendakiannya

Foto: Instagram @jimmymafrizal

Merupakan salah satu provinsi dengan jumlah gunung terbanyak di Indonesia, Jawa Timur adalah destinasi favorit bagi para petualang dan penyuka alam. Di sinilah kamu bisa menemukan jalur-jalur pendakian dengan pemandangan yang menawan.

Salah satunya yang bisa kamu jelajahi adalah Puthuk Gragal yang terletak di Desa Cembor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Base camp pendakiannya bisa kamu capai dengan berkendara selama 1 jam bila dari pusat kota Mojokerto, atau 1,5 jam bila dari pusat kota Malang.

Foto: Instagram @lailatulmgf_

Base camp berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, sementara puncaknya ada di 1.480 mdpl. Durasi pendakian ke atas sekitar dua jam bila berjalan santai, sehingga gunung ini terutama cocok untuk pendakian tektok (tanpa bermalam) bagi yang waktu liburannya singkat.

Opsi lainnya, kamu bisa mengawali hari pertama pendakian dengan mendirikan tenda di Pos 4 dan melewatkan malam di sana. Keesokan paginya, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit di puncak gunung, lalu turun dan mengunjungi air terjun yang ada di jalur pendakian sebelum pulang.

Foto: Instagram @dickyaffandy_

Perjalanan ke Puncak

Ada empat pos utama untuk mencapai puncak. Dari base camp menuju Pos 3, medannya masih landai dengan vegetasi rapat, sehingga rindang dan sejuk. Tanjakan baru terasa saat menuju Pos 4 dengan kemiringan mencapai 60 derajat, sehingga cukup menguras tenaga.

Setibanya di Pos 4, kamu bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak, ataupun mendirikan tenda untuk bermalam. Pos 4 merupakan batas akhir pendirian tenda. Di puncak, anginnya sangat kencang sehingga tidak ideal untuk berkemah. Selain bisa terhindar dari angin, di dekat Pos 4 juga tersedia sumber air.

Foto: Instagram @ayikyakin

Dari Pos 4 menuju puncak sangat dekat, dengan estimasi pendakian sekitar 15 menit. Sesampainya di sana, kamu bisa melihat hamparan sabana di sisi timur, selain gagahnya Gunung Penanggungan dan Arjuno-Welirang di kejauhan.

Puas berfoto, kamu bisa kembali turun ke base camp. Namun, jangan lupa mampir ke air terjun yang bisa kamu temui di dekat Pos 4, yakni Coban Cepung. Waktu tempuhnya sekitar setengah jam dari Pos 4 dengan medan naik turun melewati pepohonan bambu.

Foto: Instagram @faqieh_uzumakie

Selain Coban Cepung, kamu bisa menjumpai Coban Cakung yang terletak dekat Pos 1. Hanya saja, medan kemari lebih curam sehingga harus ekstra hati-hati saat melintasinya. Kalau perlu, tanyakan ke pemandu apakah aman untuk mengunjunginya, terutama bila datang saat musim hujan.

Biaya masuk kawasan pendakian sebesar Rp10 ribu per orang, belum termasuk parkir Rp10 ribu. Base camp pendakian buka 24 jam, jadi kamu bisa datang kapan saja kemari. Untuk sewa perlengkapan dan jasa pemandu, kamu bisa menghubungi base camp via WhatsApp 085748422844.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here