Gowes ke Kebun Bunga Matahari, Alternatif Kegiatan Seru di Kediri

Berencana ke Kediri namun belum tahu mau ke mana saja saat liburan di sana? Atau ingin mencari kegiatan seru dengan bujet yang terbatas? Tak perlu khawatir, kota ini menawarkan banyak pilihan aktivitas untuk kamu masukkan dalam rencana perjalanan.

Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah bersepeda ke Kebun Bunga Matahari di Pojok, Mojoroto. Lokasinya sekitar 9 km dari pusat kota Kediri, sehingga cocok untuk kamu yang tak ingin jauh-jauh mengayuh pedal sepeda. Lagipula perjuanganmu akan terbayar dengan pemandangan cantik setibanya di sana.

Foto: Dok. Google Maps/Beta Septyawan

Kebun Bunga Matahari menempati area seluas 900 meter persegi yang tadinya merupakan lahan kosong milik pemerintah. Namun sejak beberapa tahun lalu, lahan tersebut ditanami bunga matahari. Saat ini, jumlah bunga matahari di sana mencapai ribuan dengan tiga jenis varietas, yakni satu lokal dan dua lainnya dari Tiongkok.

Untuk menikmati indahnya bunga matahari di sini pun tak dipungut biaya. Mereka yang membawa kendaraan bermotor hanya perlu membayar biaya parkir. Sementara yang bersepeda bisa membawa sepeda mereka menyusuri kebun tersebut.

Lokasi Kebun Bunga Matahari ini memang berada di tepi jalan raya, sehingga mereka yang melintasi Jalan Selomangleng juga bisa melihatnya dari dalam kendaraan. Tak sedikit pula yang akhirnya berhenti sejenak di sana untuk berfoto, sebelum melanjutkan perjalanan.

Saat menjelajahi kebun ini dan mencari spot-spot foto terbaik, pastikan untuk selalu berhati-hati agar tidak merusak tanaman yang ada di sana. Hal ini terutama perlu diperhatikan bagi yang membawa sepedanya masuk ke dalam. Selain itu, jangan sampai memetik bunga yang ada di sini.

Foto: Instagram @meywlnsr

Saat terbaik berkunjung ke Kebun Bunga Matahari adalah di musim kemarau ketika bunga mataharinya tengah bermekaran. Tanamannya bisa tumbuh hingga dua meter dengan diameter bunga yang mencapai 30 cm. Setelah layu, bunga tersebut akan menghasilkan biji yang dapat dimakan ataupun ditanam kembali.

Selain bunga matahari, kebun ini juga ditanami berbagai jenis bunga lainnya yang berwarna-warni. Areanya memang tak seluas kebun bunga matahari, namun tetap menarik untuk latar foto. Selepas berkeliling, kamu bisa beristirahat sejenak di gazebo atau bangku yang disediakan, sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here