Alas Veenuz Trawas, Spot Camping di Tengah Hutan Pinus

Foto: Instagram @green.tea27

Setelah berhari-hari melakukan aktivitas di kawasan perkotaan yang riuh, rileks sejenak di destinasi liburan yang jauh dari keramaian dapat membantu meredakan stres. Lebih bagus lagi bila lokasinya di ketinggian yang bebas polusi udara dan suara, sehingga bisa sekalian menikmati hawa sejuk maupun alam asri khas daerah pegunungan.

Untuk pengalaman yang lebih seru, kamu juga bisa menjajal berkemah bersama orang-orang terdekat. Jangan khawatir repot, karena kini banyak tempat camping yang menyediakan fasilitas lengkap.

Foto: Instagram @alasveenuztrawas

Di Trawas, Mojokerto, misalnya, salah satu tempat yang bisa kamu tuju adalah Alas Veenuz Trawas. Lokasinya ada di Jalan Trawas-Mojosari, atau sekitar dua jam berkendara dari pusat kota Surabaya. Kalau kamu dari arah Malang, waktu tempuhnya lebih singkat, yakni sekitar 1,5 jam.

Baru beroperasi Mei lalu, Alas Veenuz Trawas merupakan camping ground yang terletak di tengah hutan pinus. Kamu yang tak ingin bermalam bisa datang kemari untuk sekadar berpiknik dan berfoto dengan latar pepohonan yang menjulang tinggi.

Foto: Instagram @alasveenuztrawas

Namun, tentu saja daya tarik utama di sini adalah aktivitas berkemahnya. Kamu bisa bersantai di tengah alam yang asri sambil menikmati pemandangan Gunung Arjuno di kejauhan.

Tanpa harus membawa perlengkapannya, pihak pengelola tempat wisata ini telah menyediakan tenda (sudah termasuk pasang bongkar), matras, hingga sleeping bag. Biaya sewa tendanya terjangkau, yakni mulai Rp50 ribu untuk tenda berkapasitas 2 orang (termasuk 2 matras), hingga Rp100 ribu untuk tenda berkapasitas 6 orang (termasuk 5 matras).

Kemudian, untuk sewa sleeping bag Rp10 ribu, matras Rp5 ribu, bantal tiup Rp5 ribu, lampu tenda Rp7 ribu, flysheet mulai Rp10 ribu, tikar mulai Rp10 ribu, paket grill (kompor, grill pan, dan gas kaleng) Rp50 ribu, dan set meja kursi (1 meja dan 4 kursi) Rp50 ribu. Detailnya bisa kamu cek di akun Instagram @alasveenuztrawas.

Foto: Instagram @green.tea27

Bila tertarik berkunjung kemari, kamu wajib membayar tiket masuk Perhutani sebesar Rp10 ribu per orang maupun tiket berpiknik sebesar Rp10 ribu per orang atau berkemah sebesar Rp20 ribu per orang. Anak-anak berusia di bawah 10 tahun gratis.

Tiket masuk di atas sudah termasuk biaya pemakaian listrik (bisa membawa kabel roll sendiri), voucer Wi-Fi untuk 1 device selama 20 jam, dan fasilitas lainnya, seperti toilet dan musala. Sementara itu, fasilitas lainnya tersedia dengan biaya tambahan, seperti api unggun Rp50 ribu dan hammock Rp10 ribu.

Foto: Instagram @alasveenuztrawas

Berkat fasilitas yang lengkap di Alas Veenuz Trawas, kamu hanya perlu membawa perlengkapan pribadi maupun perbekalan saat berkemah di sini. Kalaupun lupa atau tak sempat membeli bekal, ada banyak warung di sekitar lokasi camping yang bisa kamu tuju.

Sebelum kunjungan, lakukan reservasi di laman ini jauh-jauh hari untuk memastikan mendapatkan slot, terutama bila berencana berkemah di akhir pekan. Tanpa perlu DP, kamu bisa langsung melakukan pembayaran di loket saat datang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here