Menikmati Indahnya Kepulauan Tiga Maelang dengan Snorkeling

Foto: Dok. Google Maps/Appay KTG

Berbicara alam bawah laut di Sulawesi Utara, hal pertama yang biasanya terlintas adalah Taman Nasional Bunaken yang terhampar di Laut Sulawesi. Namun, sebenarnya kawasan ini menyimpan banyak destinasi lain yang tak kalah menawan.

Sebut saja Kepulauan Tiga yang terletak di Desa Maelang, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow. Tak banyak orang yang mengetahui lokasi ini, kecuali penyuka wisata antimainstream ataupun warga setempat. Pasalnya, untuk mencapai pulau ini memang membutuhkan perjuangan ekstra.

Foto: Dok. Google Maps/Appay KTG

Bila berangkat dari pusat kota Manado, kamu mesti menempuh perjalanan sekitar 4,5 jam menuju Pantai Pasir Putih. Cukup jauh memang, namun kamu akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan pesisir pantai utara dari Manado sampai Maelang.

Sesampainya, kamu bisa menyewa kapal untuk menuju Kepulauan Tiga. Pastikan penyeberangan dilakukan pagi-pagi sebelum pukul 10:00 saat ombak tak terlalu besar, dan kembali sore hari sekitar pukul 15:00. Dengan berangkat lebih pagi, kamu juga punya lebih banyak waktu untuk menikmati keindahan Kepulauan Tiga.

Foto: Dok. Google Maps/Appay KTG

Untuk memudahkan, kamu bisa menyewa paket tur dari operator lokal, seperti Minanga Divers Manado, yang biasanya sudah termasuk transportasi, peralatan menyelam, maupun penyelaman ke sejumlah spot terbaiknya. Kamu juga bisa menginap malam sebelumnya agar tak kecapaian setibanya di Kepulauan Tiga.

Sesuai namanya, Kepulauan Tiga terdiri dari tiga pulau mungil yang terletak berdekatan, yakni sekitar 100 meter jauhnya. Hal ini berarti dalam satu kali perjalanan, kamu bisa mengunjungi ketiga pulau itu sekaligus.

Foto: Dok. Google Maps/Rizal Putiray

Keindahan pulau-pulau ini terutama terletak pada hamparan pasir putih di pantainya yang bersih dan lembut, sehingga kamu bisa berjalan di atasnya dengan nyaman meski tanpa alas kaki. Di sini pula wisatawan kerap berjemur, berpiknik, atau bahkan berkemah sambil menikmati keindahan laut lepas. Namun patut diingat bahwa camping hanya diperbolehkan di pulau pertama maupun ketiga.

Tentu saja kegiatan di sini tak sebatas menikmati alam dari pantainya. Kamu juga bisa melakukan snorkeling ataupun scuba diving di perairan pirus yang mengepung pulau ini. Bawah lautnya dipenuhi oleh hamparan terumbu karang maupun ikan warna-warni. Bila beruntung, kamu bahkan bisa menjumpai penyu hijau dan lumba-lumba yang berenang di perairannya.

Foto: Instagram @gisellamukuan

Kalau ingin menyelam di sini, pastikan ditemani pemandu lokal. Selain untuk keselamatan, mereka jugalah yang paling tahu spot-spot penyelaman terbaik di sekitar pulau-pulau tersebut. Selain itu, siapkan pula perbekalan yang cukup sebelum menyeberang ke pulau, dan pastikan untuk membawa pulang sampahnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here