Gowes Santai Keliling Rowo Jombor sambil Menanti Senja

Belum banyak yang melirik Klaten sebagai destinasi liburan. Padahal, kawasan yang terletak di antara Yogyakarta dan Surakarta ini menyimpan banyak atraksi menarik yang tak kalah dengan tetangganya.

Tak hanya itu, wilayah ini juga memiliki jalur sepeda yang bersahabat dengan pemandangan alam pedesaan yang asri, sehingga menyuguhkan pengalaman gowes yang mengesankan. Salah satu lokasi yang bisa kamu tuju untuk agenda bersepedamu di Klaten adalah Rowo Jombor.

Rowo Jombor merupakan waduk seluas 198 hektar yang terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayan. Awalnya dibangun sebagai tempat penampungan air maupun pengairan, kini waduk tersebut juga dimanfaatkan untuk keperluan lain, seperti perikanan.

Tak hanya itu, Rowo Jombor juga terus dibenahi untuk menarik kunjungan wisatawan. Terbaru, di sekitar waduk ini telah dibangun jalur pedestrian yang bisa dipakai untuk berjalan kaki ataupun berolahraga santai.

Untuk mengakses waduk ini sendiri cukup mudah. Dari pusat kota Klaten, kamu bisa bersepeda menyusuri Jalan Raya Wiro dan Jalan Gunung Pegat. Jarak tempuhnya sekitar 6 km dengan rute melintasi permukiman warga maupun persawahan.

Sesampainya di lokasi, kamu bisa melanjutkan bersepeda menyusuri jalan yang mengitari Rowo Jombor dengan panjang satu putaran sekitar 8 km. Sambil mengayuh pedal sepeda, kamu bisa menikmati pemandangan waduk tersebut dari segala sudut.

Pemandangan di sini terutama indah saat matahari terbit maupun terbenam dengan latar perbukitan, Gunung Merapi dan Merbabu di kejauhan, serta semburat cahaya jingga keemasan yang indah di langit. Kamu juga bisa melihat aktivitas nelayan yang sedang memancing atau menjala ikan dari atas getek bambu.

Selepas gowes, kamu bisa mampir di warung apungnya untuk menikmati aneka olahan ikan tawar. Lokasi warung apung ini persis di tepi waduk, sehingga kamu bisa bersantap sambil menikmati pemandangan di sekitarnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here