Jalur Pendakian Ini Akan Hubungkan Semua Taman Nasional di Italia

Italia berencana membangun jalur pendakian baru yang spektakuler untuk taman-taman nasionalnya. Dari pegunungan hingga pinggir pantai, jalur pendakian ini akan menghubungkan semua taman nasional di Italia. Jalur pendakian yang diberi nama Sentiero dei Parchi atau Path of the Parks ini akan mengular ke 25 taman nasional, termasuk yang berada di Pulau Sisilia dan Sardinia. Tidak diragukan lagi, keberadaannya akan memberikan pengalaman hiking yang berbeda bagi para pecinta petualangan.

Path of the Parks akan dibangun dari jalur pendakian CAI (Club Alpino Italiano) yang memanjang sejauh 7.000 kilometer. Saat ini, jalur pendakian CAI telah menghubungkan wilayah Italia di sepanjang pegunungan Apennini dan Alpen. Nantinya bila menjadi bagian dalam Path of Parks, CAI akan semakin bertambah panjang seiring berjalannya proyek ini.

Path of Parks akan membawa para pendaki ke area pegunungan Dolomites di wilayah utara Italia, melewati bibir pantai yang indah, hingga ke destinasi wisata populer seperti Cinque Terre dengan pedesaan tuanya. Italia memang memiliki taman-taman nasional yang amat beragam, mulai dari pegunungan yang berselimut salju, gunung-gunung berapi, pantai berpasir halus, dan bukit hijau dengan rerumputan yang lebat.

Proyek pembangunan jalur pendakian Path of Parks memiliki anggaran sebesar 35 juta euro. Rencana pembangunannya akan dilaksanakan antara tahun ini hingga 2033. Jadi, para pendaki yang memimpikan petualangan ke taman-taman nasional Italia ini masih harus menunggu untuk sementara waktu.

Namun, penantian ini akan layak ditunggu karena pengelola juga bakal menyiapkan sejumlah aktivitas untuk para pendaki di sepanjang jalur ini. Pelancong yang melintasi taman-taman nasional di sepanjang jalur ini akan menerima “paspor” sebagai pengakuan simbolis. Nantinya, pelancong yang berhasil memenuhi “paspor” ini dengan berkunjung ke 25 taman nasional juga akan mendapatkan hadiah khusus.

Sementara itu, sambil menunggu jalur pendakian Path of Parks dibuka, pelancong tetap dapat berkunjung ke taman-taman nasional ini untuk menikmati liburan. Apalagi Italia juga sudah mulai membuka kembali perbatasannya.

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here