Isi Liburan dengan Camping di Curug Batu Gede Cisuren Yuk!

Foto: Dok. Google Maps/Deasy Gane

Akhir pekan ini bisa menjadi momen yang sempurna untuk refreshing sejenak setelah melewatkan hari-hari yang sibuk. Buat kamu penyuka alam, camping di kawasan Bogor bisa menjadi pilihan. Selain menyuguhkan udara yang segar, pemandangan alamnya yang menawan cocok untuk melepas penat dan mengurangi stres.

Belum tahu mau ke mana? Tak perlu khawatir, di Puncak banyak tempat camping yang bisa kamu tuju, salah satunya adalah Camp Curug Batu Gede Cisuren. Camping ground satu ini terletak tak jauh dari KFC Tugu Puncak, atau sekitar dua jam berkendara dari Jakarta, tergantung kondisi lalu lintas.

Foto: Dok. Google Maps/Stephanus Anton

Akses jalan ke lokasi sudah bagus dengan jalur berupa cor beton dan aspal. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tanjakan ke atas cukup ekstrem dan lumayan panjang. Jadi pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima. Selain itu, akses masuknya hanya muat satu mobil.

Lokasi parkirnya sendiri cukup luas. Kalau membawa city car, sebaiknya parkir di bawah yang tanahnya lebih rata. Sementara yang membawa motor bisa menitipkan helm pada pengelola. Biaya parkir motor Rp5 ribu dan mobil Rp10 ribu.

Foto: Dok. Google Maps/Kresna Yuwana

Dari lokasi parkir ke area camping tak begitu jauh, sekitar 10 menit berjalan kaki sudah sampai. Setibanya, kamu bisa langsung mendirikan tenda dengan tenda yang sudah dibawa sebelumnya, ataupun menyewa tenda di lokasi.

Kalau membawa tenda sendiri, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp25 ribu di hari biasa dan Rp30 ribu di akhir pekan. Sementara yang ingin menyewa tenda, biayanya tergantung ukuran tenda maupun hari kedatangan (hari biasa atau akhir pekan), yakni mulai Rp150 ribu untuk tenda ukuran medium dan Rp200 ribu untuk tenda ukuran besar.

Foto: Instagram @kamal__1019

Selain tendanya berkualitas, di dalamnya sudah disiapkan perlengkapan seperti bantal, kasur, matras, dan selimut, sehingga kamu dapat beristirahat dengan nyaman. Fasilitas lainnya termasuk lampu dan colokan listrik, toilet, musala, dapur umum, dan warung.

Jadi, buat kamu yang tak mau kerepotan, cukup datang kemari dengan membawa perlengkapan pribadi maupun perbekalan. Seluruh kebutuhan untuk berkemah di sini sudah disediakan oleh pengelola.

Foto: Dok. Google Maps/Hilal Railfans

Dari lokasi camping, kamu bisa berjalan kaki sebentar ke arah curug. Debit air di curug ini kecil, jadi aman untuk sekadar bermain air dan berendam. Opsi lainnya, kamu bisa trekking sekitar 30 menit dari curug ke Bukit Bintang. Medannya melalui jalan setapak yang bisa cukup licin saat musim hujan, jadi berhati-hatilah saat melangkah.

Area di Bukit Bintang ini juga bisa menjadi lokasi camping. Kalau di bawah pemandangannya berupa pepohonan yang rimbun, di puncak bukit ini kamu bisa melihat Gunung Gede dan Pangrango, selain indahnya lampu perkotaan. Selain itu, keesokan paginya pun kamu bisa menikmati berjalan kaki di hamparan perkebunan tehnya. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, kunjungi curugbatugedecamp.com atau akun Instagram @batu_gede_camping.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here