Pesona Melissa’s Garden, Taman Laut Cantik di Raja Ampat

Melissa’s Garden adalah salah satu situs penyelaman yang menakjubkan di Raja Ampat dan sering mendapatkan tempat istimewa di daftar rekomendasi para penyelam.

Terletak di sebelah barat Kepulauan Fam yang terkenal di Raja Ampat, situs ini berupa dua pinnacle atau formasi batu yang yang tampak tak begitu mencolok menonjol dari permukaan air. Namun, siapa yang menyangka kalau di bawah permukaan air tersebut terdapat salah satu situs penyelaman terbaik dan paling magis di dunia.

Kedua formasi batu ini dikelilingi oleh terumbu karang dengan lereng curam yang memberikan pengalaman mengesankan bagi penyelam. Mereka dapat melihat ngarai yang menakjubkan, tonjolan batu, dan topografi bawah laut yang luar biasa saat menyelam di antara julangan struktur tersebut. Tetapi ini hanyalah sebagian kecil dari pengalaman yang menakjubkan saat menyelam di Melissa’s Garden.

Seperti namanya, seluruh situs penyelaman ini bagaikan taman magis yang terawat dengan baik. Terumbu karangnya yang landai ditutupi oleh formasi karang keras berwarna-warni sejauh mata memandang. Tak hanya itu, tampak pula sekumpulan ikan yang berenang dengan anggun di atas taman yang indah ini.

Para penyelam seringkali disuguhi pemandangan humphead parrotfish yang berenang dalam kelompok besar, atau penyu sisik yang sedang mencari tempat istirahat di antara formasi karang. Mereka juga akan disambut oleh beragam kehidupan laut, termasuk angelfish yang berwarna-warni, lionfish yang unik, dan clownfish yang menggemaskan.

Saat mendekati lereng di situs penyelaman ini, topografinya akan berubah lagi. Formasi batu dan karang yang besar tumbuh dengan lebat, dengan karang lunak yang berwarna-warni terlihat memanjang hingga ke dasar laut.

Karang kipas dengan berbagai bentuk dan warna bergerak lembut mengikuti pasang-surut air laut, memberikan kesan seolah-olah sedang berjalan melintasi padang rumput saat matahari menyinari di musim semi yang sejuk. Pergerakan karang tersebut menciptakan suara yang mistis ketika penyelam berenang perlahan di sekitar lereng sementara ribuan ikan berkejaran di atas terumbu.

Meskipun banyaknya ikan dan formasi karang yang luar biasa menjadikan situs penyelaman ini begitu unik, masih banyak hal yang bisa dilihat bagi mereka yang tertarik pada makhluk-makhluk kecil. Formasi batu yang ditutupi karang lunak menjadi rumah bagi nudibranch, krustasea (udang-udangan), dan banyak kehidupan makro lain.

Saat perlahan-lahan mendaki lereng dan melintasi hamparan karang untuk mencapai permukaan di antara dua pinnacle, para penyelam akan disuguhi pemandangan yang luar biasa dari Kepulauan Fam dan Selat Dampier yang mengelilinginya. Tak salah lagi, Melissa’s Garden memang tempat yang memukau, dan setiap penyelam pasti akan terpesona oleh keindahan ekosistem yang tersimpan di dalamnya.

Waktu Terbaik Menyelam

Keindahan Melissa’s Garden dapat dinikmati sepanjang tahun. Suhu air laut yang konstan sekitar 27 sampai 29 derajat Celsius menciptakan kondisi penyelaman yang ideal. Namun, perlu diingat ada kalanya arusnya bisa cukup kuat, yang menambahkan elemen mendebarkan dalam pengalaman menyelam di Melissa’s Garden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here