Jangan Cuma Wisata Bahari, Cicipi Juga Kuliner Berikut di Belitung!

Berencana melewatkan liburan ke Belitung dalam waktu dekat? Jangan hanya mengisi rencana perjalananmu dengan mengunjungi deretan pantai ataupun pulau mungil di sekitarnya. Di sela-sela berwisata, kamu bisa sekalian mencicipi makanannya yang khas dan bakal membuatmu kangen untuk berkunjung ke Belitung lagi.

Berikut ini beberapa di antaranya yang tak boleh dilewatkan.

1. Mie Belitung

Biasanya begitu menginjakkan kaki di Belitung, destinasi pertama yang dituju untuk sarapan adalah Mie Belitung Atep. Beralamatkan di Jalan Sriwajaya No. 27, rumah makan sederhana yang sudah beroperasi sejak 1973 ini tak terlalu besar. Namun, sedari pagi tempat ini sudah ramai oleh pelanggan.

Mie Belitung yang dijual di sini memang terkenal. Campuran mi kuning, kentang, timun, emping, dan udang berpadu dengan kuah kental berbahan udang membuat sajian ini terasa nikmat, apalagi bila ditemani segelas es jeruk kunci yang segar.

2. Suto Belitung Mak Jannah

Sekilas, penampakan Suto Belitung ini seperti ketupat sayur. Namun, jangan kaget saat menyendokkan kuahnya ke mulut karena rupanya kuah tersebut terbuat dari kaldu udang dan iga sapi yang diberi santan.

Foto: Dok. Google Maps/Yulvina Kusuma

Di dalam kuah soto yang kental ini terdapat irisan daging, lontong, bihun, kentang, serta emping. Jangan lupa tambahkan sambal untuk paduan rasa gurih dan pedas yang nikmat.

3. Rumah Makan Seafood

Dalam perjalanan pulang dari pantai-pantainya yang indah, kamu bisa singgah di salah satu restoran seafood untuk menikmati berbagai makanan khas, seperti gangan kepala ikan ketarap dan pepes ikan bulat. Beberapa di antaranya yang terkenal adalah Rumah Makan Fega, RM Batu Garuda, Sari Laut, Mutiara Resto, dan Raja Seafood.

Jangan lupa menyantap seafood tersebut dengan sambal khas Belitung. Paduan bumbu yang meresap pada daging seafood dan pedasnya sambal bakal membuatmu ketagihan sampai susah berhenti makan.

4. Warung Kopi Kong Djie

Warung Kopi Kong Djie yang berada di Jalan Siburik ini merupakan salah satu warung kopi yang paling sering dikunjungi di Belitung. Populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan, warung kopi yang sudah beroperasi sejak 1943 ini memang tak pernah sepi pelanggan.

Keistimewaan kopinya terletak pada campuran kopi arabika dan robusta yang dimasak dengan arang. Sembari minum kopi, kamu bisa mencicipi beragam penganan tradisional Belitung yang terhidang di atas meja.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here