Suka Lari Lintas Alam? Yuk Ikutan Great Paniisan Trail di Sentul!

Setinggi 831 mdpl, Bukit Paniisan merupakan salah satu tujuan populer di Sentul, Bogor untuk kegiatan wisata ataupun olahraga, seperti lari lintas alam. Tergantung rute, kamu bisa melintasi sungai, hutan, dan medan yang menantang sebelum tiba di puncak bukit untuk menikmati hijaunya alam Sentul yang masih penuh dengan pepohonan.

Sejumlah lomba pun kerap digelar di sini, dengan salah satunya yang rutin diadakan adalah Great Paniisan Trail. Tahun ini ajang lari lintas alam tersebut kembali diselenggarakan pada 24 September mendatang dengan melombakan dua kategori.

Foto: Instagram @nanonaga

Pertama, kategori Red Star dengan jarak tempuh 30 km, total elevasi 2.220 meter, dan COT (batas waktu menyelesaikan tantangan) 13 jam. Kemudian, ada kategori Black Star dengan jarak tempuh 46 km, total elevasi 3.650 meter, dan COT 18 jam.

Start dan finish untuk kedua kategori sama, yakni di Leuwi Pangaduan, destinasi wisata yang terletak di Jalan Kampung Muhara, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Peserta kemudian akan melanjutkan perjalanan menuju Gunung Ciung, Curug Kencana, Bukit Paniisan, sebelum kembali ke Leuwi Pangaduan.

Foto: Instagram @merlitmo

Ajang lari lintas alam ini telah menerima akreditasi dari ITRA (International Trail Running Association), selain merupakan bagian dari UTMB World Series Qualifier Races dengan 50K UTMB Qualifying Points, baik untuk kategori Red Star ataupun Black Star.

Peserta yang ingin mengikuti ajang ini wajib sudah memiliki 1 poin ITRA untuk kategori Red Star dan 2 poin ITRA untuk kategori Black Star. Poin tersebut diperoleh antara 1 Januari 2018 hingga 31 Agustus 2022. Pengecekan poin bisa dilakukan di laman ini.

Foto: Instagram @rudiansyahachmad08

Syarat lainnya adalah peserta wajib memiliki KTP/KITAS/KITAP, sertifikat vaksin Covid-19, dalam kondisi sehat, dan dapat menyelesaikan lomba yang penuh tantangan ini. Pastikan untuk mempersiapkan diri, baik dalam hal fisik maupun mental, untuk menghadapi medan yang tak bisa diprediksi saat berlari, seperti angin kencang dan hujan.

Peserta dapat segera mendaftarkan diri di laman ini. Biayanya Rp700 ribu untuk kategori Red Star dan Rp900 ribu untuk kategori Black Star, sudah termasuk BIB dan finisher jersey. Slot terbatas, dan pendaftaran akan ditutup pada 21 Agustus 2022 pukul 18:00 WIB atau ketika kuota terpenuhi. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @sentulultra.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here