BOB Sunset Run, Ajang Lari Sore di Pesisir Bantul

Kawasan pesisir Bantul di selatan Yogyakarta memiliki deretan pantai yang tak hanya cantik, namun juga menyuguhkan indahnya panorama matahari terbenam. Tak heran bila banyak yang datang kemari menjelang sore untuk menanti langit kebiruan yang perlahan menjadi kuning kemerahan tersebut.

Karena alasan itu jugalah ajang BOB Sunset Run rutin digelar di Bantul. Ajang lari ini mengajak peserta untuk berolahraga di sore hari dengan latar matahari terbenam yang menawan.

Tahun ini, ajang tersebut akan digelar pada 20 Agustus mendatang dengan melombakan dua kategori, yakni 5K dan 10K. Karena jaraknya terbilang pendek, ajang ini cocok untuk pelari pemula, ataupun mereka yang ingin mengajak serta keluarga untuk menghabiskan liburan dengan cara yang unik.

Adapun rute 5K akan bermula dari Laguna View Depok, melewati Gumuk Pasir, Landasan Pacu Pantai Depok, sebelum kembali lagi ke Laguna Depok. Sementara rute 10K sama-sama bermula dan berakhir di Laguna View, hanya saja rutenya sampai ke Pantai Cemara Sewu dan Pantai Parangkusumo.

Tempat-tempat yang dilalui rute lari tersebut merupakan beberapa destinasi andalan di Bantul. Laguna View, misalnya, merupakan destinasi wisata baru di Bantul yang dilengkapi deretan tempat makan seafood serta spot-spot foto dengan latar Sungai Opak dan Jembatan Kretek 2.

Gumuk Pasir yang terbentang dari Pantai Depok hingga Parangtritis kerap dijadikan lokasi syuting film maupun foto pre-wedding berkat keunikan panoramanya, selain merupakan tempat sandboarding.

Landasan Pacu Pantai Depok sendiri sebenarnya hanya berupa bekas lintasan pesawat sepanjang sekitar 800 meter. Namun, pemandangan pantai di sisi selatan menjadi daya tarik sendiri bagi siapa pun yang melewati tempat ini.

Pantai Cemara Sewu juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Sesuai namanya, pantai ini menyuguhkan latar pepohonan cemara dengan jembatan ikonik yang biasa digunakan untuk berfoto.

Sementara Pantai Parangkusumo yang berpasir hitam dan berombak besar relatif lebih sepi karena lebih banyak dijadikan tempat untuk melakukan upacara sakral, seperti Melasti. Suasananya pun lebih syahdu saat matahari tenggelam.

Pihak panitia telah menyiapkan hadiah senilai total puluhan jutaan rupiah untuk juara 1, 2, dan 3 tiap kategori putra maupun putri, selain hadiah untuk 5 peserta maupun 5 tim yang mengenakan kostum terbaik dengan tema Citra Nusantara. Tak hanya itu, peserta juga bisa mengikuti kontes foto atau video Instagram dengan hadiah menarik untuk lima postingan terbaik.

Registrasi bisa secara luring dengan mengisi data diri di bit.ly/BOBSUNSETRUN2022, ataupun secara daring di Badan Otorita Borobudur (Jl. Faridan M Noto No. 19, Yogyakarta) dan Harian Jogja (Jl. A.M. Sangaji No. 41, Yogyakarta).

Biayanya Rp70 ribu untuk kategori 5K dan Rp90 ribu untuk kategori 10K, sudah termasuk medali finisher, BIB, headband (dengan tambahan biaya Rp10 ribu), asuransi jiwa, dan air mineral. Pendaftaran akan dibuka hingga 19 Agustus 2022. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @boborobodur.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here