Menyepi di Pulau Meko, Surga Kecil di Timur Adonara

Foto: Instagram @apeaceredco

Wisatawan yang melakukan road trip di Flores biasanya mengawali atau mengakhiri perjalanan di Maumere, jarang ada yang meneruskan hingga ke Pulau Adonara yang ada di timur Flores. Padahal, pulau ini menyimpan banyak pantai berpasir putih yang masih perawan.

Salah satunya adalah Pulau Meko yang namanya masih asing di kalangan wisatawan karena memang akses menuju lokasi yang membutuhkan perjuangan ekstra. Dari Larantuka, kamu mesti menyeberang ke Pelabuhan Terong di Pulau Adonara terlebih dahulu selama sekitar satu jam.

Foto: Instagram @nickoasmara

Setibanya, lanjutkan perjalanan ke Dusun Meko di Desa Pledo, Kecamatan Witihama selama satu jam berkendara. Perjuanganmu masih belum selesai, karena kamu mesti menyeberang ke Pulau Meko dengan naik kapal motor.

Kalau tak mau repot mencari kendaraan atau kapal sewaan, kamu bisa menggunakan jasa dari operator tur. Biasanya, paket yang ditawarkan sudah termasuk kunjungan ke pulau-pulau di sekitarnya.

Foto: Instagram @monnomestadi

Pulau Meko sendiri merupakan pulau pasir timbul yang luasnya tak sampai satu kilometer persegi. Hamparan pasirnya begitu putih dengan sedikit pink, tampak kontras dengan birunya laut maupun gumpalan awan cumulus seputih kapas yang menghiasi langit. Pemandangannya terutama cantik ketika langitnya cerah, dan hasil foto pun tampak ciamik dari sudut mana pun kamu memotret.

Kamu bisa mendapatkan latar perbukitan maupun gunung berapi Ile Boleng yang ada di Pulau Adonara. Kamu juga bisa menyaksikan pulau-pulau mungil di sekitar Adonara, seperti Pulau Konawe dan Pulau Watan Peni, selain Pulau Lembata dengan Gunung Apinya di sisi timur.

Foto: Instagram @nickoasmara

Karena suasananya yang tenang dan minim wisatawan, kamu bisa bersantai sembari menikmati keindahan pemandangan tersebut sepuasnya. Saking sunyinya, telinga seakan tuli, bahkan tak ada suara debur ombak karena pulau ini dikepung perairan tenang.

Makanya, sayang rasanya bila tidak menceburkan diri ke air untuk bermain air ataupun berenang. Kalau membawa peralatan snorkeling, kamu bisa sekalian menyelami keindahan bawah lautnya yang dipenuhi terumbu karang dan ikan warna-warni.

Foto: Instagram @apeaceredco

Patut diingat kalau pulau pasir timbul ini hanya bisa terlihat saat air laut sedang surut. Karena itu, kamu bisa datang siang, kemudian menyeberang kembali ke Adonara menjelang senja untuk sekalian menikmati matahari terbenam, dan bila beruntung, melihat gerombolan kelelawar yang beterbangan keluar dari sarangnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here