Camping Asyik di Bukit Krapyak dengan View Gunung Welirang

Foto: Instagram @zarazafiraa

Berada di kaki dan lereng Gunung Welirang, kawasan Pacet di Kabupaten Mojokerto menyimpan berbagai atraksi alam untuk para penyuka petualang. Kamu bisa berendam di kolam air panas, bermain arung jeram, atau bahkan berkemah di tengah alamnya yang asri dan alami.

Bila yang disebutkan terakhir ini merupakan aktivitas favoritmu, salah satu camping ground yang direkomendasikan di Pacet adalah Bukit Krapyak. Terletak di ketinggian sekitar 1.050 mdpl, kamu tak hanya bisa menikmati hawa dingin khas daerah pegunungan, namun juga pemandangan alam yang menawan.

Foto: Dok. Google Maps/Rifki Hasyim

Buat kamu para pemula, jangan khawatir karena akses menuju camping ground ini tak begitu sulit. Pertama, untuk menuju area parkir camping ground ini, kamu bisa berkendara dengan lama perjalanan sekitar satu jam bila dari pusat kota Mojokerto. Kalau pernah ke Pemandian Air Panas Pacet, lokasi Bukit Krapyak tak jauh dari sana.

Setibanya di area parkir, kamu bisa menitipkan kendaraan, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 300 meter menuju gerbang masuk Bukit Krapyak. Untuk mencapai puncaknya sendiri, kamu mesti melalui sekitar 500 anak tangga, yang bisa cukup licin di musim hujan dan curam di beberapa titik. Namun, tangga tersebut telah dilengkapi pegangan untuk keamanan pengunjung.

Foto: Dok. Google Maps/Bondi M Hidayatullah

Ditemani kicauan burung, kamu bisa menaiki tangga tersebut sambil menikmati pemandangan alam yang menawan di sepanjang perjalanan. Sesekali, kamu bisa menjumpai satwa liar yang tinggal di sana, seperti monyet, tupai, dan ayam hutan. Pemandangan permukiman di Kabupaten Mojokerto pun dapat terlihat dari ketinggian.

Mendekati lokasi, kamu akan menjumpai Makam Krapyak (Sunan Pangkat), di mana masyarakat setempat kerap datang kemari untuk berziarah. Di lokasi yang sama tersedia pula fasilitas musala, kamar mandi, dan air bersih. Dari sini, area camping ground bisa dicapai sekitar 100 meter melalui hutan pinus.

Foto: Instagram @ahmzinedine

Lama perjalanan sekitar 20-30 menit dari gerbang masuk, tergantung stamina dan kekuatan fisik. Sesampainya, kamu akan disuguhkan dengan area camping ground yang luas dan dikelilingi pepohonan rimbun. Dari sini pula terlihat panorama Gunung Welirang yang gagah.

Untuk menikmati keindahan alam di Bukit Krapyak, kamu cukup membayar biaya masuk sebesar Rp10 ribu per orang, sudah termasuk biaya berkemah. Sementara untuk biaya parkir kendaraan yang dititipkan semalaman adalah Rp10 ribu.

Foto: Instagram @maascholl

Di lokasi sudah disediakan tempat penyewaan peralatan camping, namun untuk berjaga-jaga, siapkan sendiri barang-barang yang kamu butuhkan, terutama perbekalan makanan dan minuman. Jangan lupa untuk membawa pulang sampah sepulangnya berkemah di Bukit Krapyak.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here