Bermain dengan Imajinasi di Pameran Seni ‘Napak: Let’s Play Again!’

Foto: Instagram @siamartista

Tak sulit mencari venue yang tengah menggelar pameran seni di Yogyakarta. Meski sedang pandemi, pameran seni tetap rutin digelar di sini, dengan salah satunya yang terbaru adalah ‘Napak: Let’s Play Again!’ persembahan Artotel Yogyakarta.

Berlangsung hingga 25 Juli 2022, pameran tunggal dari seniman Siam Artista ini dibuka untuk umum di Artspace Artotel Yogyakarta. Karena digelar secara luring, protokol kesehatan diterapkan secara ketat agar pengunjung dapat menikmati pameran tersebut dengan aman dan nyaman.

Foto: Dok. Artotel Yogyakarta

‘Napak: Let’s Play Again!’ merupakan pameran tunggal ketiga dari seniman muda kelahiran Mataram ini. Ciri khasnya yang memadukan pop art, lowbrow art, dan seni tradisional tampak terlihat dalam 13 karya di pameran tersebut.

Berkolaborasi dengan Alfin Rizal sebagai penulis kuratorial, Siam mengungkapkan bahwa karyanya terinspirasi dari imajinasi. Ia kerap bermain dalam pikirannya, yang kemudian memberi ide untuk menciptakan bentuk yang sudah lebih dulu ditemukan, ataupun memberi bentuk berdasar ide yang sudah matang.

Foto: Dok. Artotel Yogyakarta

“Proses bermain ini dapat dilakukan, bahkan lebih jauh demi mencapai esensi kegelisahan di dalamnya. Membubarkan gambar, menghapus bentuk, merusak warna, menimpa bidang-bidang, atau menambahkan media lain mungkin saja dilakukan,” ujar seniman lulusan ISI Yogyakarta ini.

Lewat karyanya pula, ia ingin mengajak para penikmat seni untuk turut berimajinasi dan bersama-sama memberi makna baru pada karyanya itu.

Foto: Instagram @siamartista

Tuning Mamiek selaku General Manager Artotel Yogyakarta menyambut baik hadirnya pameran tersebut sebagai alternatif untuk wisata edukasi di Yogyakarta. “Pameran ini juga bertujuan membantu seniman untuk bermain, berkembang, serta mewujudkan ide dan kreativitas,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung dunia kesenian, salah satunya dengan mengajak tamu dan masyarakat luas untuk menikmati karya-karya tersebut secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut terkait pameran ini, kunjungi akun Instagram @artoteljogja.

 Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here