Rayakan Hari Lahir Pancasila, One Virtual Race Gelar Ajang Lari 12 Km

Satu Juni merupakan tanggal yang bersejarah bagi Indonesia. Kala itu pada 1 Juni 1945 presiden pertama Indonesia Soekarno mengemukakan konsep awal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam pidatonya di sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Pemerintah kemudian menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional lewat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa dapat memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Biasanya, Hari Lahir Pancasila diperingati dengan upacara bendera. Namun, karena selama dua tahun terakhir ini sedang pandemi, masyarakat dapat mengikuti upacara melalui siaran langsung di kanal YouTube atau media sosial Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) atau siaran televisi dari tempat tinggal masing-masing.

Selain itu, masyarakat dapat mengikuti berbagai kegiatan yang turut digelar untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Sebut saja ajang lari virtual yang digelar oleh One Virtual Race.

Dinamai One Virtual Race – Hari Lahir Pancasila Series 2022, pendaftaran kegiatan ini sudah dibuka sejak 10 Mei lalu hingga besok, 31 Mei. Karena itu, bila kamu tertarik mengikutinya untuk mengisi waktu luang di hari libur atau akhir pekan, segera registrasikan dirimu.

Pendaftaran bisa melalui linktr.ee/OneVirtualRace atau menghubungi WhatsApp 08213037808. Biaya pendaftaran Rp59 ribu per orang, sudah termasuk medali, e-BIB, dan sertifikat. Kamu juga bisa memesan T-shirt edisi spesial seharga Rp70 ribu. Baik medali maupun T-shirt akan dikirimkan mulai 11 Juni.

Setelah registrasi, kamu bisa langsung melakukan aktivitas lari sejauh 12 km, baik dalam satu atau beberapa sesi, asalkan masih dalam periode aktivitas, yakni hingga 9 Juni mendatang. Karena konsepnya virtual, kegiatan lari bisa dilakukan di mana saja, tanpa harus berkumpul di satu lokasi yang sama.

Kamu cukup menggunakan aplikasi pelacak aktivitas untuk merekam kegiatan lari, kemudian mengumpulkan hasilnya setelah berhasil menyelesaikan jarak 12 km. Bila berniat berlari di jalan raya atau area publik, pastikan untuk mematuhi aturan yang berlaku maupun protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @onevirtualrace.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here