Memacu Adrenalin Menaklukkan Sejumlah Rintangan di Patuha Bike Park

Foto: Dok. Google Maps/Eka Prasetia

Melintasi trek perbukitan yang penuh liku dan rintangan tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi penggemar olahraga sepeda gunung. Medan yang menantang bukanlah menjadi halangan, melainkan pemicu untuk segera menaklukkannya.

Beruntungnya tinggal di Indonesia, kamu bisa menikmati begitu banyak trek yang masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri dan menarik untuk dilalui. Tingkat kesulitannya beragam, ada yang untuk pemula maupun untuk yang sudah profesional atau berpengalaman.

Foto: Instagram @obleenk

Beberapa di antaranya bahkan kerap digunakan untuk balap sepeda, sehingga di luar musim lomba, kamu bisa memanfaatkannya untuk melatih kemampuan bersepeda. Salah satunya yang terletak dekat kota Bandung adalah Patuha Bike Park.

Lokasinya di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, atau sekitar 1 jam 40 menit berkendara dari Alun-alun Kota Bandung. Kamu bisa mengarahkan kendaraan ke arah Alun-alun Ciwidey, kemudian teruskan perjalanan via Jalan Raya Ciwidey-Rancabali sejauh 9 km hingga tiba di Patuha Bike Park.

Foto: Instagram @dorcoyp

Berada di kaki Gunung Patuha dengan ketinggian 1.500-1750 mdpl, Patuha Bike Park menawarkan jalur bersepeda yang sebagian besar berada di kawasan hutan pinus. Treknya bervariatif dengan berbagai obstacle, sehingga menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Pesepeda bisa menjumpai lintasan flowy yang panjang dan berupa tanah merah, daerah berbatu, akar-akar yang merambat, hingga melintasi sungai, drop, berm, dan berbagai rintangan lainnya. Saking seru dan menantangnya lintasan ini, seri akhir Indonesia Enduro Championship 2021 pun digelar di sini.

Foto: Instagram @ferliemuhammad

Total jarak lintasan di sini sepanjang 3,8 km, mulai dari ketinggian 1.475 mdpl hingga 1.694 mdpl. Pesepeda gunung bisa memanfaatkan lintasannya dua arah, baik untuk menanjak atau menurun. Setidaknya butuh sekitar dua jam untuk menyelesaikan lintasan di sini.

Buat kamu para pemula, tak perlu khawatir bila ingin menjajal bersepeda di sini. Terlebih, kamu bisa sekalian belajar melibas berbagai rintangan di trek ini yang sangat beragam. Trek akan semakin seru dilalui selepas atau saat hujan turun karena jalurnya akan menjadi licin dan membuat kamu akan semakin tertantang untuk menaklukkannya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here