Bukit Surya Salaka, Spot Camping Seru dengan Latar Gunung Salak

Foto: Instagram @bary_sukarta

Bukit Surya Salaka merupakan salah satu destinasi camping di Bogor yang baru beroperasi akhir 2021 lalu. Terletak di kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, kamu tak hanya disuguhkan dengan panorama gunung setinggi 2.211 mdpl, namun juga hamparan sawah maupun kelap-kelip bintang dan lampu kota di malam hari.

Menariknya, Bukit Surya Salaka tak seperti camping ground pada umumnya yang layanan seperti menyewakan tenda dan perlengkapannya, atau menyediakan warung makan, toilet, dan fasilitas umum lainnya.

Foto: Dok. Google Maps/Toni Herisandi

Di sini, kamu bisa menjumpai beberapa unit tenda mewah untuk glamping maupun dua kolam renang – satu terletak di area privat dan diperuntukkan tamu yang glamping, sementara satu untuk tamu yang tidak bermalam atau berkemah di camping ground.

Tenda untuk glamping ini bisa kamu pilih untuk yang ingin merasakan berkemah di tengah alam, namun tetap dalam kenyamanan layaknya penginapan dengan kasur tidur yang tebal dan colokan listrik dalam tenda.

Foto: Dok. Google Maps/Bukit Surya Salaka

Fasilitas lainnya termasuk sarapan dan snack untuk 4 orang, meja lesehan, kursi santai 2 unit, selimut, handuk, air mineral, kompor portabel, lampu portabel, alat barbekyu, dan toilet khusus tamu glamping

Biayanya Rp700 per malam untuk 4 orang di hari biasa, dan Rp800 per malam untuk 4 orang di akhir pekan dan hari libur. Bila ada penambahan orang, dikenakan biaya Rp175 ribu per orang di hari biasa dan Rp200 ribu per orang di akhir pekan dan hari libur.

Foto: Instagram @hadjukemal

Opsi lainnya, kamu bisa berkemah di tenda biasa dengan biaya sewa mulai Rp100 ribu untuk kapasitas 2 orang hingga Rp350 ribu untuk kapasitas 10 orang. Biaya sewa tenda tersebut sudah termasuk matras.

Bila tak membawa perlengkapannya, kamu bisa sekalian menyewa perlengkapan lainnya, seperty flysheet mulai Rp25 ribu, lampu tenda Rp25 ribu, sleeping bag Rp35 ribu, kursi dan meja portabel Rp100 ribu, kompor portabel Rp25 ribu, nesting Rp25 ribu, dan kayu bakar Rp35 ribu.

Foto: Dok. Google Maps/Bukit Surya Salaka

Biaya sewa tenda belum termasuk biaya tiket masuk sebesar Rp35 ribu per orang. Jadi, kalau kamu sudah membawa tenda sendiri beserta perlengkapannya, kamu cukup membayar tiket masuk maupun parkir motor sebesar Rp5 ribu atau mobil sebesar Rp10 ribu.

Saat berkemah di sini, pengunjung diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak pohon atau tanaman, serta tidak membawa hewan peliharaan. Selain itu, pengunjung tidak diperbolehkan merokok di dalam tenda sewaan.

Bukit Surya Salaka bisa diakses dengan berkendara selama 2,5 jam dari pusat kota Jakarta, atau 1,5 jam dari pusat kota Bogor, tergantung kondisi lalu lintas. Untuk reservasi, hubungi WhatsApp 081384548100 atau kunjungi akun Instagram @campsuryasalaka.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here