Kampanye Birukan Langit Berlanjut di Semarang, Ajak Bersepeda 200 Km

Melanjutkan agendanya di tahun 2022 untuk melangsungkan ajang sepeda ultra di sejumlah kota di Indonesia, Audax Randonneur Indonesia akan menggelar Semarang Ultra Cycling Challenge pada 28 Mei mendatang. Peserta diajak menempuh rute sejauh hingga 200 km melintasi berbagai destinasi di Semarang.

Bertajuk ‘Birukan Langit Semarang’, acara ini sekaligus mengampanyekan masyarakat untuk bersepeda, baik sebagai moda transportasi ataupun berolahraga, agar polusi kendaraan berkurang dan langit pun tetap biru.

Ada dua pilihan kategori yang bisa kamu ikuti, yakni 100 km dengan batas waktu 7,5 jam, serta 200 km dengan batas waktu 13,5 jam. Keduanya dipastikan menantang dan sama-sama membutuhkan persiapan yang matang.

Lokasi start maupun finish ada di Patra Hotel Semarang yang terletak di pusat kota, tepatnya di Candi Baru, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Wonotingal, Kecamatan Candisari. Untuk memudahkan, peserta yang datang dari luar kota bisa menginap di hotel tersebut atau sekitarnya.

Perlu diketahui, kegiatan ini bukan balapan sepeda, namun berbasiskan aplikasi. Tak ada pemandu yang akan mengarahkan, rutenya bisa kamu cek sendiri via aplikasi GPX Viewer (tersedia di Google Play atau App Store) ataupun Ride with GPS.

Perjalanan bebas dilakukan sendiri atau bersama kelompok atau komunitas sepeda, asalkan tidak berkerumun dan mengganggu lalu lintas. Jenis sepeda yang digunakan pun boleh apa saja, dari road bike, MTB, gravel, hingga sepeda lipat, asalkan bukan sepeda listrik.

Sepeda beserta perlengkapan lainnya, seperti helm, wajib disiapkan sendiri. Begitu pula barang lain, seperti ban cadangan dan peralatan penggantian ban dalam, toolkit dan pompa tangan, jas hujan, losion tabir surya, serta obat-obatan dan bekal pribadi.

Syarat lainnya mengikuti Semarang Ultra Cycling Challenge adalah peserta wajib sudah divaksin penuh (dua kali). Selain itu, peserta wajib memiliki BPJS atau asuransi kesehatan sejenisnya.

Biaya pendaftaran adalah Rp472.500 untuk kategori 100 km dan Rp577.500 untuk kategori 200 km. Biaya tersebut sudah termasuk medali, topi, safety triangle, serta kudapan dan minuman. Untuk registrasi, gunakan aplikasi Dash Sport (tersedia di Google Play atau App Store). Info lebih lanjut, kunjungi randonesia.org atau ikuti akun Instagram @audaxrandonesia.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here