Bukit Ular, Destinasi Gowes Favorit Arek Suroboyo

Foto: Dok. Google Maps/A S

Tinggal di kota metropolitan bisa menjadi tantangan tersendiri. Selain mesti menghadapi kemacetan, polusi udara maupun suara pun terbilang tinggi, sehingga tak jarang warganya memilih melewatkan akhir pekan dengan mencari tempat-tempat yang jauh dari kebisingan.

Kalau kamu berada di Surabaya, salah satu tempat yang cocok untuk melarikan diri sejenak dari keramaian kota adalah Bukit Ular. Walau secara administratif lokasinya ada di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, kamu bisa mencapainya dengan mudah dari kawasan perumahan Citraland Surabaya. Dari Universitas Ciputra Surabaya, jaraknya hanya sekitar 2,3 km.

Foto: Dok. Google Maps/Jejak Slamet

Bukit Ular sudah lama dikenal sebagai destinasi gowes, terutama bagi pesepeda yang tinggal di wilayah Surabaya Barat. Kawasan ini menawarkan trek tanah dengan sedikit berbatu, sehingga cocok buat yang ingin mencari rute bersepeda gravel dengan lokasi tak jauh dari pusat kota.

Alasan penamaan Bukit Ular sendiri karena jalur yang ada di sana memang berkelok-kelok seperti ular. Rutenya sendiri melewati hamparan padang rumput dan pematang sawah, serta mengelilingi danau.

Foto: Instagram @irohartono

Tak perlu mengayuh pedal terburu-buru, kamu bisa gowes santai sambil menikmati pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan. Trek di sini cocok untuk pemula ataupun profesional dengan beberapa rintangan buatan.

Waktu terbaik datang kemari adalah sekitar pukul 05:00 hingga 06:30. Kalau cuaca sedang cerah, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang menawan, terutama di kawasan sekitar danau. Opsi lainnya, kamu bisa datang sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam.

Foto: Instagram @om.ninot

Hindari datang saat musim hujan, karena jalannya yang becek dan berlumpur akan licin dan lebih susah dilewati, kecuali bagi yang memang mencari jalur ekstrem. Kalau memungkinkan, datang setelah musim hujan atau sebelum memasuki musim kemarau ketika hamparan rumput di sini berwarna hijau, sehingga pemandangannya semakin eksotis.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here