Lukisan Karya Made Gunawan Terpajang di Four Points Pakuwon Indah

Foto: Dok. Teh Villa Gallery

Pameran seni tak hanya bisa kamu saksikan di museum atau galeri. Hotel-hotel pun kini banyak yang menghadirkan pameran menarik, salah satunya adalah Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah.

Hotel yang berlokasi di Pakuwon Mall ini tengah menggelar pameran lukisan bertajuk ‘Living in Harmony’. Digelar selama dua bulan dari 25 Februari hingga 25 April 2022, pameran yang berkolaborasi dengan Teh Villa Gallery ini menampilkan karya seniman dari Bali, Made Gunawan.

Foto: Instagram @winartosetya

Sang perupa tumbuh besar dengan tradisi masyarakat Bali yang mengagungkan harmoni antara Bhuana Agung (alam semesta) dan Bhuana Alit (alam kecil, yakni manusia, hewan, dan tumbuhan). Memegang erat tradisi tersebut, Made Gunawan menuangkan idealisme dalam karya-karyanya, yang terlihat dari objek-objek pada lukisannya yang didominasi oleh pohon, hewan, dan manusia.

Tak hanya objeknya, teknik melukis yang dituangkan Made Gunawan dalam karyanya pun penuh narasi harmoni, seperti latar belakang warna lukisannya yang terdiri dari beberapa lapis pencampuran warna, tumpang tindih antara sapuan kuas, serta lelehan hingga cipratan cat akrilik.

Foto: Dok. Teh Villa Gallery

Menurut Ronald Sitolang, pemilik The Villa Gallery, pameran ini ditujukan untuk para penikmat seni yang sudah rindu mengunjungi pameran. Pasalnya, “Kondisi pandemi membuat penggemar karya seni memiliki akses terbatas untuk mengunjungi pagelaran kesenian secara langsung,” terangnya.

“Karena itu, kami ingin memperkenalkan sekaligus mengobati kerinduan untuk menikmati karya seni dari Bali, salah satu budaya yang paling unik dan khas di Indonesia,” imbuhnya.

Foto: Dok. Teh Villa Gallery

Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah sebagai venue pameran sendiri sebenarnya bisa dibilang sebagai hotel yang dekat dengan seni. Hal ini terlihat dari instalasi maupun dekorasi seni yang dapat terlihat di setiap sudutnya. “Bisa dibilang ini museum seni dalam hotel,” kata Alamsyah Jo selaku Complex General Manager The Westin Surabaya dan Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah.

“Di kali pertama ini, kami mengadakan pameran seni lukis bersama Teh Villa Gallery dan mendatangkan maestro dari Bali, yakni Made Gunawan. Diharapkan, pameran ini dapat memudahkan para penggemar lukisan di Surabaya untuk mendapatkan akses ke pameran seni secara aman dan nyaman, sesuai standar protokol kesehatan,” tuturnya.

Foto: Dok. Teh Villa Gallery

Berbagai karya lukis ini telah terpajang di area lobi hotel maupun Djaman Doeloe Resto and Bar di Lantai M3. Tamu hotel maupun khalayak umum dapat mengunjungi pameran ini tanpa dipungut biaya. Untuk info lebih lanjut, hubungi (031) 99150000 atau ikutin akun Instagram @fourpointssurabayapakuwon.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here