Giri Pangrango, Camping dengan View Gunung Pangrango

Foto: Dok. Google Maps/Amos PLS

Kangen camping tapi pengin cari lokasi yang tak begitu jauh dari rumah? Kalau kamu tinggal di Bogor, ada banyak pilihan tempat camping yang bisa kamu tuju. Salah satunya adalah Giri Pangrango.

Sesuai namanya, Giri Pangrango merupakan area camping yang terletak di kaki Gunung Pangrango. Lokasi tepatnya di Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, dan bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 1,5-2 jam dari pusat kota Bogor via Jalan Raya Puncak-Cianjur.

Foto: Dok. Google Maps/Gabus Pucung

Aksesnya cukup mudah. Dari gerbang masuk Taman Safari Indonesia, ambil belokan ke kanan, kemudian ikuti jalan sampai pertigaan. Setelah itu, belok kiri dan ikuti jalan sekitar 400 meter hingga bertemu plang bertuliskan Camping Ground Giri Pangrango di sisi kanan.

Ikuti jalurnya yang sudah berganti menjadi tanah. Saat atau sehabis hujan, jalanan tersebut bisa cukup licin dan becek, jadi pengendara motor mesti berhati-hati saat melintasinya. Setibanya di lokasi, kamu bisa langsung memarkirkan kendaraan, sebelum mendirikan tenda di lokasi yang sudah disediakan.

Foto: Dok. Google Maps/Tri Aji Prasetyo

Berada di ketinggian 1.100 mdpl, camping ground menyuguhkan panorama alam yang menawan dengan Gunung Pangrango sebagai latarnya. Karena lokasinya di dataran tinggi, hawanya sejuk dan bisa lebih dingin lagi di malam hari.

Namun, kamu bisa mengusir dingin dengan membuat api unggun dan menyantap barbekyu atau santapan lezat lainnya yang sudah disiapkan sebelumnya. Ditemani taburan bintang dan gemerlap lampu kota, suasana pun bakal semakin romantis.

Foto: Instagram @giripangrango

Kalau tertarik camping di sini, kamu cukup membayar Rp25 ribu per orang per malam. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir motor Rp5 ribu, mobil Rp15 ribu, dan campervan Rp80 ribu.

Kalau ingin menyewa tenda dan peralatan berkemah lainnya, kamu bisa menghubungi pihak pengelola di 081297222857. Tersedia pula paket yang sudah termasuk tenda, matras, sleeping bag, kompor, nesting, lampu tenda, gas portabel, dan peralatan masak dengan harga mulai Rp230 ribu untuk 2 orang.

Foto: Dok. Google Maps/Fokus Lestari

Untuk berkemah di sini, ada beberapa aturan yang mesti dipatuhi pengunjung. Pertama, reservasi mesti dilakukan maksimal H-2. Kemudian, waktu check-in dimulai pukul 10:00, sementara check-out maksimal pukul 17:00.

Pengunjung wajib menjaga kebersihan area camping maupun peralatan yang disewa. Selain itu, pastikan mematuhi protokol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here