Rekomendasi Restoran Kepiting di Balikpapan, Dijamin Ketagihan!

Foto: Instagram @dapurbalikpapan

Balikpapan memiliki banyak restoran kepiting. Saking terkenalnya, salah satu oleh-oleh terkenal dari kota ini adalah kepiting yang dapat dibeli di salah satu restoran besar yang menyediakan paket oleh-oleh kepiting yang dikemas rapi.

Restoran yang paling terkenal untuk mencicipi kepiting adalah Restoran Kepiting Kenari (Jl. Marsma R. Iswahyudi No. 4, T. 0542-764018) yang terletak tak jauh dari Bandara Sepinggan.

Foto: Instagram @dapurbalikpapan

Walau namanya kepiting kenari, kepiting yang digunakan adalah kepiting biasa, bukan kepiting kenari (Birgus latro) yang sudah nyaris punah. Keistimewaan masakan kepiting di sini adalah disajikan dengan saus bercita rasa asam manis dan irisan bawang putih yang digoreng kering.

Tak jauh dari Restoran Kepiting Kenari, terdapat Restoran Dandito (Jl. Marsma R. Iswahyudi No. 70, T. 0811-532-368) yang tak kalah terkenal. Masakan favorit yang sering dipesan adalah kepiting lada hitam, kepiting asam manis, dan kepiting saus.

Foto: Instagram @bpnfoodies

Jangan lewatkan juga Rumah Makan Torani (Jl. Jend. Sudirman No. 73, T. 0811-5936-789) yang menyediakan aneka olahan laut segar. Menunya yang paling terkenal sebenarnya adalah ikan bandeng tanpa duri. Namun, kepitingnya tak kalah lezat dengan restoran lainnya.

Foto: Dok. Google Maps/Danny Raharjo

Beberapa pilihan menunya antara lain kepiting soka, kepiting rajungan, kepiting bakar, dan yang paling unik adalah pepes kepiting. Bila datang bersama teman atau keluarga, pilih kepiting jumbo yang bisa disantap 3-4 orang.

Bagi yang ingin mencicipi kepiting di tempat yang harganya agak miring, silakan datang ke Depot Layun yang berlokasi di Ruko Sentra Eropa, tak jauh dari Mall Balikpapan Baru. Selain kepiting yang dapat dimasak dengan beragam pilihan saus, nasi goreng kepiting juga menjadi andalan Depot Layun.

Foto: Instagram @sasmitaedo

Sementara yang ingin menikmati seafood dengan pemandangan laut yang indah, bisa langsung mengarahkan kendaraan ke Ocean’s Resto (Jl. Jend. Sudirman Komplek Rukan Bandar Balikpapan Blok M 18, T. 0542-739439).

Foto: Dok. Google Maps/Yosepha Henny Octasari

Kepiting di sini bisa dimasak ala lada hitam, asam manis, saos padang, atau diasap. Sajian lainnya tak kalah lezat, dengan beragam menu yang bisa dipilih, dari lobster, kerapu, udang windu, dan masih banyak lagi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here