Camping di Pantai Baros, Jangan Lewatkan Jelajah Hutan Bakaunya!

Foto: Instagram @dolan.aja

Pantai Baros yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta menawarkan keunikan tersendiri dengan deretan pantai lainnya di kawasan itu. Kalau pantai lain langsung menghadap ke lautan luas, Pantai Baros justru berada di tepi Sungai Opak.

Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan luas perairan yang tenang maupun pasir hitam dan rerumputan yang mengepungnya. Kalau cuacanya sedang cerah, pemandangan matahari terbenam di sini tak boleh dilewatkan dan wajib diabadikan menggunakan kamera.

Foto: Instagram @fendyky

Karena suasananya begitu syahdu, tak sedikit yang datang kemari hanya untuk sekadar melepas penat dan menikmati semilir angin pantai. Banyak pula yang datang dari pusat kota bersama sepeda atau kendaraan kesayangannya untuk melakukan bike camping atau car camping.

Rerumputan luas di sini memang pas untuk mendirikan tenda ataupun menggelar tikar dan melakukan piknik. Sementara sungainya bisa kamu manfaatkan untuk memancing, dengan hasil tangkapan yang bisa dimasak dengan api unggun.

Foto: Instagram @brenndyyk

Kalau ingin melihat pemandangan sekitar pantai lebih jelas, kamu bisa menuju gardu pandang. Di sana, kamu bisa memotret panorama dari ketinggian sembari melihat burung-burung yang beterbangan di udara ataupun bertengger di ranting pohon.

Opsi lainnya, kamu bisa berjalan kaki mengitari hutan bakau yang juga kerap dipakai untuk sesi foto prewedding. Rimbunnya deretan pohon di sini memang pas untuk latar foto yang indah.

Foto: Instagram @tantrinamirah

Tak hanya menikmati kelestariannya, kamu dapat sekalian turun tangan untuk membantu menjaganya. Salah satunya dengan turut menanam bakau di sini ditemani oleh pemandu atau pengelola pantai.

Hutan bakau di sini sengaja dibangun sebagai upaya untuk mencegah keausan yang dapat merusak area pertanian dan perikanan, selain mengurangi gelombang tsunami dan meminimalkan embusan angin laut yang kencang.

Foto: Instagram @rizky_aryak

Sembari menanam bakau, kamu bisa mengobrol dengan sang pemandu untuk mencari tahu lebih jauh tentang tempat wisata tersebut, atau sekadar menyaksikan keseharian warga yang tinggal di sekitar pantai.

Kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan di sini adalah naik rakit atau perahu untuk menelusuri sungai dan melihat pemandangan di sekitarnya. Kamu juga bisa menjumpai aneka flora maupun fauna yang menghuni kawasan tersebut.

Foto: Instagram @mutoha

Pantai Baros terletak di Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Dari pusat kota Yogyakarta, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 30 km untuk mencapainya, atau satu jam bila naik kendaraan bermotor.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here