Tak Cuma Snorkeling, Banyak Aktivitas Seru Lainnya di Pantai Tanjung Lesung

Foto: Instagram @nurrihsaan

Belakangan ini, pantai-pantai dekat Jakarta kerap menjadi incaran warga ibu kota untuk refreshing, rekreasi keluarga, dan bahkan staycation. Salah satunya yang populer adalah Pantai Tanjung Lesung di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Tak seperti pantai-pantai lainnya yang dibuka untuk umum, Pantai Tanjung Lesung ini terbilang pantai eksklusif karena berada dalam kawasan hiburan terpadu yang dikelola oleh Jababeka. Jangan heran kalau pantainya pun terjaga kebersihannya dan memiliki beragam fasilitas yang memadai.

Foto: Instagram @lintangkecil_

Kamu bisa menggelar tikar untuk berjemur dan berpiknik di hamparan pasirnya yang bersih. Karena pantainya luas dan terhampar hingga 15 kilometer, kamu pun bisa berlarian ke sana kemari, bermain voli pantai, atau sekadar bermain pasir dan berburu kerang.

Walau posisinya menghadap laut lepas, pantai ini memiliki perairan yang relatif tenang. Kamu bisa bermain air atau berenang di tepinya, atau bahkan menyelami keindahan bawah lautnya dengan snorkeling.

Foto: Instagram @tanjunglesungid

Hanya dengan membayar Rp200.000 per orang (bisa dipesan di laman ini), kamu bisa snorkeling sepuasnya dan menyaksikan berbagai biota yang menghuni bawah lautnya. Jangan khawatir kalau belum pernah snorkeling, karena kamu bakal ditemani pemandu yang akan membantu cara menggunakan peralatannya maupun mengajarkan teknik pernapasan dan cara menyelam yang benar.

Berbagai olahraga air pun bisa dilakukan, seperti kayaking hingga standup paddleboarding, yang semua peralatannya disewakan seharga Rp200.000. Sekadar tips, bila ingin bermain kayak, pilihlah glass kayak yang transparan, sehingga bisa sekaligus melihat keindahan bawah lautnya.

Foto: Instagram @tanjunglesungid

Sepuas bermain di laut, jangan lupa menyaksikan indahnya matahari terbenam di tepi pantai. Konon, pemandangan sunset di sini disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik dengan matahari yang tenggelam di balik Anak Krakatau. Pemandangan lain yang bisa kamu jumpai di Pantai Tanjung Lesung menjelang sore hari adalah ribuan burung camar yang beterbangan.

Bila bermalam di sini, keesokan paginya kamu dapat naik kapal untuk menyusuri perairan di sekitar Pantai Tanjung Lesung sambil berfoto dan menyaksikan keindahan matari terbit dari balik rimbunnya pepohonan bakau. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan menyusuri perkampungan nelayan yang sangat asri.

Foto: Instagram @fadhillala

Terletak 180 kilometer dari pusat kota Jakarta, Tanjung Lesung dapat dicapai dengan berkendara selama sekitar empat jam via Tol Tangerang-Merak. Cukup jauh memang, sehingga disarankan untuk menginap setidaknya satu malam di sini. Apalagi banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Lesung, yang tak cukup dihabiskan dalam sehari saja.

Biaya masuk pantai ini sendiri sebesar Rp30.000. Fasilitas umum yang tersedia adalah musala, toilet, dan area parkir. Di dekat pantai juga terdapat sentra kuliner yang menjajakan aneka hidangan laut yang segar, karena diambil langsung dari nelayan setempat.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here