Snorkeling di Pulau Kelagian, Opsi Aktivitas Seru di Teluk Ratai, Lampung

Lokasinya yang mudah diakses dari ibu kota membuat Lampung kerap jadi tujuan liburan favorit, entah untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas atau melewatkan akhir pekan panjang. Terlebih, berbagai atraksi di sini akan memanjakan segala tipe traveler, terutama penyuka alam dan wisata bahari.

Selain deretan pantai yang indah, kamu juga dapat menuju pulau-pulau mungil di sekitarnya yang masing-masing memiliki keunikannya tersendiri. Sebut saja Pulau Kelagian di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Foto: Dok. Google Maps/Agung Nugraha

Pulau ini terutama terkenal dengan keindahan pasir putih di pantainya yang begitu bersih. Bak lukisan alam, warna pasir tersebut tampak cantik berpadu dengan perairannya yang jernih dan berwarna pirus maupun langit biru yang dihiasi gumpalan awan. Kalau langit sedang cerah-cerahnya, kamu bisa dengan mudah mengambil foto apik di mana pun kamu berada.

Selain berfoto dan bersantai sambil menikmati pemandangan, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas lain, seperti bermain air, berenang, dan snorkeling. Selain perairannya dangkal, ombaknya pun tenang, sehingga snorkeling di sini cocok untuk pemula. Selagi menyelam, kamu bisa melihat hamparan terumbu karang yang indah maupun berbagai ikan warna-warni.

Menariknya lagi, pulau ini menawarkan sejumlah wahana air, seperti banana boat dan donut boat yang seru dilakukan bersama teman dan keluarga. Selepas beraktivitas, kamu bisa sekadar berjemur di hamparan pasir pantainya atau berpiknik dengan bekal yang sudah disiapkan sebelumnya. Namun, jangan lupa membawa pulang sampahnya ya!

Untuk menuju pulau ini, kamu bisa berangkat dari Jakarta dengan perjalanan darat menuju Pelabuhan Merak, kemudian dilanjutkan naik feri menuju Pelabuhan Bakauheni. Setibanya, kamu bisa berkendara menuju Dermaga Ketapang dengan durasi sekitar tiga jam.

Foto: Instagram @canro.simarmata

Dari dermaga inilah kamu bisa menyewa kapal untuk menuju Pulau Kelagian. Karena lokasinya cukup dekat dari dermaga, durasi penyeberangannya hanya sekitar 20 menit saja. Biaya sewa kapalnya sendiri beragam, sekitar Rp300 ribu hingga Rp400 ribu. Opsi lainnya, kamu bisa membeli paket tur yang biasanya sudah termasuk kunjungan ke pulau-pulau di sekitarnya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here