Agar Tak Salah Pilih Tenda, Simak 6 Tips Ini

Membeli tenda bisa menjadi sebuah investasi yang berguna untuk petualanganmu berkemah di tengah alam. Pasalnya, tenda yang kamu beli tentu lebih nyaman ketimbang tenda sewaan yang belum tentu sesuai kebutuhan dan preferensi.

Beberapa jenis tenda memiliki ukuran yang besar dan dapat menampung lebih banyak orang, sementara yang lain menawarkan sejumlah fitur menarik. Karena itu, kisaran harga tenda pun beragam.

Jangan lupa pula, setelah membeli tenda impianmu, ada beberapa hal dasar yang mesti kamu lakukan dalam hal pembersihan dan penyimpanan agar tenda tersebut dapat dipakai selama bertahun-tahun.

Berikut beberapa hal yang mesti kamu ketahui sebelum membeli tenda baru, serta sejumlah tips untuk memilih tenda sempurna sesuai impianmu.

1. Tentukan ukuran tenda

Ukuran tenda ditentukan berdasarkan kapasitas orang yang muat di dalamnya. Namun abaikan konsep tersebut, karena tenda berkapasitas empat orang belum tentu nyaman untuk empat orang, mungkin hanya tiga, atau bahkan dua orang. Karena itu, kamu bisa membelinya sesuai kebutuhan.

Tenda berkapasitas satu orang memang pas untuk berbaring sendirian di dalamnya, namun tak ada atau hanya sedikit ruang ekstra untuk meletakkan barang bawaan lain, seperti backpack.

Tenda berkapasitas dua orang cocok untuk pasangan, namun mungkin tak ideal untuk teman biasa karena tidurnya akan berdekatan. Sementara tenda berkapasitas tiga orang tentu lebih nyaman ditinggali dua orang yang ingin ruang ekstra lebih, atau pasangan yang ingin membawa serta anjing kesayangannya.

Tenda berkapasitas empat orang cocok untuk keluarga dengan satu atau dua anak, dengan catatan anaknya berusia di bawah 12 tahun. Di luar itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli tenda berkapasitas enam orang untuk memastikan semuanya dapat tidur dengan nyaman tanpa harus berdempet-dempetan.

2. Pikirkan kondisi penggunaan

Beberapa tenda lebih cocok dipakai di lokasi atau lingkungan yang berbeda.

Tenda musim panas, misalnya, umumnya terbuat dari bahan yang ringan, memiliki lebih banyak ventilasi, dan kemungkinan tak dirancang untuk cuaca ekstrem.

Tenda tiga musim lebih bisa bertahan dari hujan deras dan angin kencang, selain memberikan perlindungan ekstra dari hawa dingin. Sementara tenda musim dingin lebih cocok untuk berkemah di lokasi yang bersalju.

3. Pertimbangkan kemudahan penggunaan

Saat membeli tenda, cari tahu apakah kamu membutuhkan waktu yang lama untuk mendirikannya. Hal ini terutama penting bila di lokasi ingin segera beristirahat, atau membawa anak-anak yang akan cepat bosan menunggu orang tuanya mendirikan tenda.

Bila memungkinkan, coba pasang tenda yang ingin dibeli di toko, atau tonton video tutorialnya secara daring. Setelah itu, kamu bisa menentukan apakah tenda tersebut layak dibeli.

4. Cek bahan tenda

Periksa bahan tenda dengan cermat. Tenda yang terbuat dari kanvas memang tahan air, namun dapat menjadi sangat berat ketika menyerap air. Namun, tenda tersebut umumnya lebih tahan lama ketimbang tenda berbahan lain, seperti nilon.

Tenda berbahan nilon dan poliester juga tahan air, namun bila terpapar sinar matahari terus-terusan dapat menyebabkan kerusakan seiring waktu. Kamu juga harus memeriksa jahitannya secara berkala untuk memastikan benar-benar tahan air.

Cek juga bagian ritsleting. Ini adalah bagian terpenting dari tenda, namun sering diabaikan. Periksa apakah ritsletingnya berkualitas, dapat bergerak dengan mudah, tidak menempel pada kain, dan tidak berkarat.

Sementara untuk flysheet haruslah berbahan nilon yang kedap air, dengan lapisan poliuretan dan silikon. Idealnya, flysheet harus dapat menutupi seluruh tenda, termasuk bagian jendela dan pintu, untuk memberikan perlindungan maksimal dari hujan.

5. Pertimbangkan berat tenda

Bila melakukan car camping, kamu tak perlu mengkhawatirkan berat maupun ukuran tenda – meski patut diingat bahwa semakin besar tenda, semakin dingin pula udara di dalamnya. Pasalnya, panas tubuh menghangatkan udara di dalam tenda, jadi semakin sedikit ruang kosong yang ada, semakin baik.

Namun, bila berencana backpacking, pastikan membeli tenda dengan ukuran sekecil dan seringan mungkin untuk meminimalkan beban yang dibawa di sepanjang perjalanan.

Bila memungkinkan, kamu bisa merangkak di dalam tenda sebelum membelinya. Tentukan apakah ruangan di dalamnya cukup untuk menampung semua orang yang pergi berkemah.

6. Harga tenda

Terakhir, bujet yang kamu miliki menentukan tenda yang kamu dapatkan. Jangan tergiur harga murah, pastikan cek dengan benar bahan tenda, fitur yang dimiliki, dan sebagainya. Beberapa merek lokal juga menawarkan tenda dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Karena itu, jangan ragu datang ke gerai resminya untuk mengecek barang secara langsung. Bila perlu, mintalah rekomendasi dari orang-orang yang sudah sering berkemah.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here