Asrinya Taman Ayodya di Jaksel, Cocok untuk Lepas Penat

Foto: Dok. Google Maps/Jakarta Tourism

Tertarik melepas penat bersama keluarga tanpa harus ke mal? Bertolaklah ke salah satu taman cantik nan asri yang ada di ibu kota. Sembari refreshing, kamu bisa sekalian berolahraga pagi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi.

Bila tinggal dekat kawasan Blok M, Jakarta Selatan (Jaksel), Taman Ayodya bisa menjadi pilihan. Lokasinya di Jalan Lamandau III, Kramat Pela, Kebayoran Baru, atau sekitar lima menit berjalan kaki dari Plaza Blok M.

Menempati lahan seluas 7.500 meter persegi, taman yang dulunya dikenal sebagai Taman Barito ini tadinya merupakan pasar ikan, sebelum diubah fungsinya menjadi ruang terbuka hijau.

Meski mungil, taman ini terbilang asri dengan banyaknya tanaman yang tumbuh di sana, mulai dari pohon-pohon peneduh hingga aneka bunga warna-warni. Tak hanya itu, di tengah taman ini juga terdapat kolam buatan yang dihiasi teratai, air mancur, dan lampu-lampu.

Kamu dapat joging santai mengelilingi kolam buatan tersebut di atas trek yang sudah di-paving block. Jarak satu putaran terbilang pendek, hanya sekitar 170 meter, namun kamu bisa mengelilinginya beberapa kali untuk berolahraga sembari memandangi indahnya taman.

Taman ini juga punya area bermain anak yang dilengkapi wahana seperti ayunan dan monkey bar. Fasilitas lainnya termasuk peralatan fitness, toilet, serta kursi-kursi taman dan gazebo untuk bersantai.

Karena buka sepanjang hari, kamu bisa berkunjung ke taman ini pagi-pagi sekali untuk menikmati udara segar yang belum begitu tercemar polusi. Opsi lainnya, datanglah sore hari untuk duduk-duduk santai di undak-undakan yang membentuk seperti panggung di depan kolam sembari menyaksikan air mancur.

Meski di dalam kawasan taman tidak ada penjual makanan, kamu bisa mengisi perut sepulangnya dari taman di salah satu kafe dan restoran yang ada di sekitarnya. Karena letaknya yang strategis inilah Taman Ayodya kerap dituju sebagai salah satu destinasi liburan akhir pekan bersama teman dan keluarga.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here