Lain Kali ke Bali, Coba 3 Makanan Khas Klungkung Ini!

Foto: Instagram @bebektimbungan

Kalau ke Bali, kalian biasanya wisata kuliner apa saja nih? Atau malah jangan-jangan hanya nongkrong di bar, beach club, dan restoran yang modern? Rugi deh, kalau ke sana tanpa mencoba makanan khas Bali yang tak cuma ikonik, namun juga selalu bikin rindu untuk kembali lagi ke sana.

Apalagi hampir semua makanan khas Bali ini bisa kamu coba dengan harga yang sangat terjangkau. Tampilannya pun menarik dan cocok untuk menghiasi laman Instagrammu, selain tentu saja rasanya lezat dan bakal bikin kamu puas setelah menyantapnya!

Nah, kalau sudah tahu makanan khas seperti ayam betutu, sate lilit, lawar, dan babi guling, coba deh ke wilayah lain di Bali untuk menjajal kuliner khas di daerah tersebut. Di Kabupaten Klungkung, misalnya, kamu bisa menjumpai menu-menu yang jarang kamu temui di pusat wisata. Berikut beberapa di antaranya yang wajib dicoba.

1. Serombotan

Menu ini terdiri dari berbagai macam sayuran dan kacang-kacangan yang dikukus atau direbus setengah matang, kemudian dibumbui sambal kelapa atau sambal koples yang pedas.

Foto: Instagram @haytien04

Jenis sayuran yang biasa digunakan adalah bayam, buncis, kacang panjang, kangkung, kecambah, kecipir, pare, taoge, dan terong. Hidangan ini lalu disajikan bersama ketupat atau nasi putih, selain bisa ditambahkan sate languan khas Klungkung.

2. Sate Languan

Sate languan berbahan dasar ikan tongkol yang dihaluskan dan dicampurkan dengan bawang merah, bawang putih, gula merah, jeruk limau, cabai, terasi dan garam. Bumbu-bumbu ini juga dicampurkan dengan santan sehingga rasa sate languan makin gurih.

Foto: Instagram @warung_bepasih

Sama seperti sate lilit, campuran ikan dan bumbu-bumbu ini dililitkan pada tusuk sate. Adonan dililitkan dengan bentuk sedikit pipih, lalu dipanggang di atas bara api yang terbuat dari tempurung kelapa. Aroma yang menguar dari sate ini sangat menggiurkan dengan rasa yang juga luar biasa enak.

3. Mie Koples

Walau namanya Mie Koples, menu ini tidak menggunakan mi, melainkan bihun yang direbus. Bumbunya mirip serombotan, hanya saja aneka sayurannya diganti dengan bihun yang disiram bumbu kacang yang dominan dengan rasa pedas.

Foto: Instagram @spoonful.bali

Biasa disajikan bersama taburan bawang goreng, kacang merah, nasi atau ketupat, dan kerupuk, menu satu ini bisa dengan mudah dijumpai di bilangan Jalan Sedap Malam ataupun di Pasar Senggol Klungkung. Harganya pun terjangkau dan cukup mengenyangkan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here