Joging Antimainstream di Pura Bukit Batu Kursi, Pemandangannya Bikin Terpukau!

Foto: Instagram @_mels711_

Sedang berada di Bali dan tinggal di kawasan Pemuteran? Jangan cuma main ke pantainya yang cantik! Di sini, banyak destinasi menarik lainnya yang menanti untuk dijelajahi. Karena lokasinya yang jauh dari pusat keramaian di Bali, suasananya pun jauh lebih sepi, cocok buat kamu penyuka ketenangan.

Salah satunya yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pura Bukit Batu Kursi. Pura ini kerap dikunjungi oleh umat Hindu Bali untuk memohon jabatan atau kedudukan tinggi.

Foto: Dok. Google Maps/Alya Damayanti

Namun, karena lokasinya yang berada di ketinggian, wisatawan pun kerap datang kemari untuk menikmati pemandangannya yang indah. Tak jarang, para pegiat olahraga menjadikannya sebagai lokasi trekking maupun lari lintas alam.

Jalurnya pun cukup nyaman, bukan jalan setapak, melainkan berupa anak-anak tangga. Perjalanan untuk ke puncak membutuhkan waktu yang tak begitu lama, sekitar 15-30 menit.

Foto: Instagram @komang_gayatri

Sekilas, pemandangan di sini mengingatkan akan Bukit Campuhan di Ubud. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan bukit dan rerumputan yang luas.

Tergantung musim, rerumputan tersebut berubah menjadi hijau saat musim hujan maupun kuning kecokelatan ketika musim kemarau. Karena itu, kapan saja kamu berkunjung kemari, pemandangannya bakal tetap indah dan tampak fotogenik.

Foto: Instagram @adyflyee

Bila ingin mengabadikan keindahannya, kamu bisa datang menjelang matahari terbit atau terbenam, yakni sekitar pukul 06:00 atau pukul 17:00. Sebisa mungkin hindari datang di siang hari, karena cuacanya bisa begitu terik. Terlebih di sepanjang jalur minim pepohonan. Kalaupun terpaksa, kenakan topi dan losion tabir surya.

Karena tempat ini merupakan kawasan yang suci dan dikeramatkan oleh umat Hindu, wisatawan dianjurkan untuk menjaga perilaku dan perkataan. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan jangan mengotori lingkungan dengan sampah. Wanita yang sedang haid juga diminta untuk tidak mendekati area pura.

Foto: Instagram @dewabagus.1995

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi Pura Bukit Batu Kursi. Namun kamu bisa berdonasi secara sukarela. Jam operasionalnya pun tidak ada, kamu bisa berkunjung kapan saja setiap harinya.

Pura Bukit Batu Kursi dapat dicapai dengan berkendara selama 12 menit dari Pantai Pemuteran. Kalau dari Denpasar, kamu mesti berkendara ke utara Bali dengan waktu tempuh 3,5 jam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here