Menikmati Sejuknya Kebun Teh Gunung Gambir di Jember

Foto: Dok. Google Maps/Rifki Hasyim

Jember tak hanya memiliki deretan pantai yang cantik di sisi selatan. Kawasan dataran tingginya pun menawarkan pemandangan indah dan kerap dikunjungi sebagai alternatif tempat wisata untuk menikmati kesejukan dan keasrian alam.

Kebun Teh Gunung Gambir, misalnya. Terletak di lereng Gunung Argopuro, kawasan wisata kebun teh seluas 183 hektar ini terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, dan dapat ditempuh dengan berkendara selama dua jam dari pusat kota Jember.

Foto: Dok. Google Maps/Gagas Cipta

Berada di ketinggian 900 mdpl, kebun teh peninggalan kolonial Belanda ini menyuguhkan pemandangan serbahijau sejauh mata memandang. Selain tanaman teh yang tertata apik bak sabana, pepohonan dan perbukitan yang menjadi latarnya membuat panoramanya semakin indah.

Belum lagi udara sejuk dan bebas polusi yang menyambut setibanya di sini. Dijamin, kamu bakal rileks dan betah berlama-lama di Kebun Teh Gunung Gambir.

Foto: Instagram @ijl690

Saking indahnya kawasan ini, di mana pun kamu berada, hasil foto bakal terlihat apik. Spot-spot fotonya pun banyak, namun jembatan kayu yang membentang di atas hamparan kebun teh tersebut merupakan salah satu spot favoritnya.

Serunya lagi, jembatan kayu tersebut beserta trek joging yang ada di lokasi bisa kamu jadikan tempat berolahraga pagi. Biar tetap nyaman, kamu bisa datang pagi-pagi sekali sekitar pukul 06:00 ketika suasananya masih sepi pengunjung. Lebih bagus lagi bila datang di luar hari libur atau akhir pekan ketika jumlah pengunjungnya akan lebih banyak dari hari biasa.

Foto: Instagram @rica_r3y

Tiket masuknya pun terjangkau, hanya Rp6.000 per orang. Setelah itu, kamu bisa bebas berkeliling kebun teh dan menikmati sejumlah fasilitas yang ada. Beberapa di antaranya adalah camping ground, kolam renang, gedung olahraga, dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir kelaparan, karena di sana banyak kios yang menjajakan makanan dan minuman. Opsi lainnya, kamu bisa membawa bekal sebelumnya untuk dinikmati di lokasi.

Foto: Instagram @cahyaningrum_za

Akses jalan kemari sudah seluruhnya beraspal, namun ada beberapa jalur yang tak terlalu lebar, sehingga mesti sabar ketika berpapasan dengan mobil lain. Biaya parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

Selagi di sini, ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan jangan merusak ataupun menginjak tanaman, terlebih hanya untuk sekadar berfoto. Pihak pengelola juga telah menyediakan tempat sampah di beberapa titik, selain juga tempat cuci tangan untuk memastikan pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here