Kelar Safari di Baluran, Jangan Lupa Mampir ke Pantai Bama!

Foto: Instagram @taminangga

Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur memang sudah lama terkenal dengan pemandangan padang rumputnya yang mengingatkan akan Afrika. Di sini pulalah pengunjung berkesempatan untuk melihat berbagai satwa khas Indonesia dari dekat.

Nah, selesai bertualang di sabananya, jangan langsung pulang, masih banyak area lain yang bisa kamu jelajahi di taman nasional seluas 25.000 hektar ini. Sebut saja Pantai Bama yang bisa kamu jumpai tak jauh dari Savana Bekol, atau sekitar 15 menit berkendara dari gerbang masuk Taman Nasional Baluran.

Foto: Instagram @robi_juniarta

Setibanya, kamu dapat memarkirkan kendaraan terlebih dahulu di area parkir yang luas, sebelum berjalan kaki ke arah pantai. Jangan kaget bila melihat kawanan kera ekor panjang, karena kawasan tersebut memang tempat tinggal mereka.

Karena cukup agresif, jauhi saja kawanan kera tersebut, dan hindari membawa makanan dengan menentengnya. Simpan saja bekal yang dibawa ke dalam tas yang tertutup rapat.

Memasuki area pantai, kamu akan menjumpai hamparan pasir, perairan jernih, dan hutan bakau yang rimbun di sekelilingnya. Ombaknya yang tenang memungkinkan kamu untuk berenang dan snorkeling di sini. Hanya saja, siapkan sendiri peralatan snorkeling yang kamu butuhkan ya.

Untuk mendapatkan spot terbaiknya, kamu bisa menuju ke tengah laut, sekitar 500 meter dari bibir pantai. Pasalnya, terumbu karang yang dekat pantai sudah mulai rusak karena ulah manusia yang tak bertanggung jawab.

Foto: Instagram @cheddymotret

Di spot tersebut, kamu bisa menjumpai terumbu karang yang relatif sehat. Berbagai ikan warna-warni dan biota laut lainnya pun tampak terlihat di sekitarnya.

Selain snorkeling, kamu bisa menyusuri jembatan pandang di kawasan hutan bakaunya untuk menikmati suasana sekitar, atau bahkan memancing di ujung jembatan yang teduh. Setelah itu, lewatkan sore dengan duduk-duduk santai sembari menyaksikan panorama matahari terbenam yang mengesankan.

Foto: Instagram @el.journeys

Biaya masuk Taman Nasional Baluran adalah Rp16.000 per orang di hari kerja dan Rp18.500 per orang di hari libur. Sementara biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Untuk info terkini seputar syarat berkunjung dan jam operasionalnya, kunjungi Instagram @btn_baluran.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here