Menikmati Keindahan Patung Bawah Laut di Pantai Samuh

Foto: Dok. Nusa Dua Reef Foundation

Kawasan Nusa Dua menawarkan deretan pantai sepi berpasir putih dengan perairan yang relatif aman untuk berenang maupun bermain flying fish dan banana boat. Nah, dari sekian banyak pantai yang ada di sana, salah satunya yang menawarkan fasilitas terlengkap adalah Pantai Samuh.

Pantai ini memiliki sejumlah operator yang menawarkan jet ski, wakeboarding (meluncur di atas papan luncur yang ditarik speedboat), flyboarding, jetovator, rolling donut (duduk di atas pelampung yang menyerupai donat dan ditarik speedboat), dan masih banyak lagi aktivas seru lainnya.

Foto: Instagram @inengahsuarna

Kalau membawa serta teman dan keluarga, namun enggan berbasah-bahasan, kamu bisa memesan perjalanan naik perahu dengan dasar kaca untuk mengunjungi Pulau Serangan yang memiliki penangkaran penyu.

Opsi lainnya, kamu bisa mencoba seawalker atau berjalan di dasar laut menggunakan helm kedap air. Tak perlu berlatih bernapas layaknya snorkeling dan scuba diving, kamu bisa langsung merasakan pengalaman menyelam dan melihat keindahan yang tersimpan di perairannya.

Foto: Dok. Nusa Dua Reef Foundation

Sementara yang ingin tetap snorkeling dan scuba diving, jangan khawatir, karena ada spot penyelaman menarik yang lokasinya hanya 500 meter jauhnya dari bibir Pantai Samuh.

Dinamai Bali Underwater Cultural Park, spot ini menyimpan 26 patung yang berada di kedalaman sekitar 11 meter. Ada patung penari kecak, ada pula patung tokoh-tokoh dalam kisah Ramayana. Patung ini sengaja dibuat sebagai wadah berkembang biaknya karang lunak dan spons, yang nantinya juga membuka jalan bagi tumbuhnya karang keras dan terumbu karang.

Foto: Dok. Nusa Dua Reef Foundation

Lokasinya memang cukup dalam bagi para snorkeler. Namun, saat cuaca sedang cerah dan sinar matahari menembus ke kedalaman laut, kamu bisa dengan mudah mengagumi patung-patung tersebut beserta koral warna-warni yang menghiasinya.

Selain beraktivitas di perairannya, kamu juga bisa menikmati beragam kegiatan di kawasan pantai. Di pagi hari, misalnya, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit. Selain itu, saat pantai sedang surut, kamu bisa berjalan hingga ke tengah laut dan melihat bintang laut yang terjebak di antara bebatuan dan pasir pantai.

Foto: Dok. Nusa Dua Reef Foundation

Pantai Samuh terletak sekitar 13 km jauhnya dari Pantai Kuta, atau bisa ditempuh dengan 20 menit berkendara via Jalan Tol Bali Mandara. Buka sepanjang hari, biaya masuk pantai ini gratis, pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here