Cara Seru Menikmati Keindahan Waduk Sempor, Bersepeda hingga Berkano!

Foto: Instagram @setiadiii__

Buat kamu yang gemar road trip Jakarta-Yogyakarta via jalur selatan, lain kali mampir ke Waduk Sempor yuk! Dapat diakses dengan berkendara selama satu jam dari pusat kota Kebumen, waduk seluas puluhan hektar ini bisa menjadi destinasi sempurna untuk mengistirahatkan kaki dan melepas penat setelah menempuh perjalanan panjang.

Lokasi waduk ini sendiri ada di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Umumnya wilayah tersebut memiliki suhu yang panas karena lokasinya yang dekat dengan pantai selatan. Namun, Waduk Sempor berada di ketinggian, selain jaraknya cukup jauh dari pesisir, sehingga udaranya lebih sejuk.

Foto: Instagram @nopitttt

Selain sebagai sumber air untuk irigasi petani, Waduk Sempor juga dimanfaatkan sebagai objek wisata. Banyak yang datang kemari untuk menikmati pemandangannya yang asri dan memanjakan mata. Selain hamparan perairan yang luas, kamu juga bisa menyaksikan pepohonan rimbun maupun perbukitan hijau yang mengepungnya.

Di sekelilingnya, kamu bisa menjumpai jalur joging maupun sepeda yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Biar nyaman, kamu bisa datang pagi-pagi sekali untuk menikmati jalur yang sepi dan sunyi tanpa keramaian pengunjung sembari menyaksikan pemandangan matahari terbit yang muncul perlahan-lahan dari balik perbukitan.

Foto: Instagram @wiwidwa

Selain berlari dan bersepeda mengelilingi waduk, kamu juga bisa bermain bebek air atau berkano bersama teman ataupun anggota keluarga. Tentu saja semakin ramai, semakin seru pula permainan tersebut.

Opsi lainnya, kamu dapat menyewa perahu-perahu kayu milik warga setempat yang siap mengantar wisatawan untuk menyusuri waduk. Tarifnya terjangkau, yakni Rp10.000 per orang. Sembari menikmati embusan angin semilir, kamu bisa menyaksikan keindahan alam sekitar dan mengabadikannya dengan kamera.

Foto: Instagram @devitaaviitha18_

Selepas beraktivitas, kamu bisa berpiknik di hamparan rerumputan sekitar waduk. Kalau tak membawa bekal, jangan khawatir, karena di sekitar waduk juga terdapat warung-warung yang umumnya menjajakan hidangan ikan air tawar yang ditangkap dari waduk, dari gurame bakar hingga nila goreng. Kamu juga bisa mencicipi tempe mendoannya yang kerap direkomendasikan wisatawan yang pernah berkunjung kemari.

Saking banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, kunjungan kemari memang tak cukup sebentar, minimal menghabiskan satu-dua jam. Kalau tertarik kemari, kamu bisa datang kapan saja karena waduk tersebut buka sepanjang hari. Biaya masuknya sendiri Rp6.500 per orang.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here