Gowes Berburu Sunrise di Puncak B29

Foto: Dok. Google Maps/Tomo Sutomi

Sudah pernah menjajal trek lautan pasir di sekitar Gunung Bromo yang penuh spot fotogenik? Kali ini coba arahkan sepeda ke Puncak B29 yuk!

Terletak di sisi timur Gunung Bromo, atau tepatnya di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Puncak B29 berada di ketinggian sekitar 2.900 mdpl.

Dari sini, kamu tak hanya bisa melihat panorama sekitarnya dari ketinggian yang berupa lautan pasir, Gunung Bromo, dan Gunung Batok. Puncak Mahameru maupun Gunung Arjuno-Welirang yang di kejauhan pun dapat terlihat bila cuaca sedang cerah.

Foto: Instagram @liwaulhamdiwalizzi

Perjalanan menuju kemari cukup menantang, yakni melewati jalanan beraspal, paving block, maupun tanah yang bisa sangat licin dan berlumpur di musim hujan. Karena itu, kebanyakan orang datang kemari saat musim kemarau. Selain medan lebih nyaman dilalui, langit pun lebih cerah, sehingga kesempatan menyaksikan matahari terbit pun lebih besar.

Pesepeda yang kemari juga wajib yang sudah berpengalaman di medan tanah, bebatuan, dan menanjak. Mereka juga harus bisa mengendalikan sepeda di turunan.

Foto: Instagram @rahmatd_ncc

Kamu bisa mengawali gowes dari titik pilihanmu, seperti Air Terjun Coban Pelangi dengan jarak tempuh sekitar 19 km. Dari situ, perjalanan akan terus menanjak melalui jalur berupa jalanan beraspal dan paving block. Medannya sendiri akan terus menanjak melalui hutan yang rimbun maupun hamparan persawahan.

Dari Jemplang, kamu sudah bisa menyaksikan kemegahan Gunung Widodaren maupun Gunung Bromo. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Puncak B29. Pemandangan menawan dari puncak tersebut akan membuat rasa lelahmu serasa terbayar.

Foto: Instagram @jeffrey.foo

Waktu terbaik menikmati pemandangan di Puncak B29 adalah saat matahari terbit. Karena itu, biasanya pengunjung disarankan sudah sampai puncak pukul 04:00. Karena udaranya dingin, pastikan membawa jaket tebal agar tidak terkena hipotermia.

Opsi lainnya, kamu bisa datang sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam, kemudian mendirikan tenda di Puncak B29 untuk berkemah. Cara ini bisa dilakukan bila tak ingin ketinggalan momen sunrise.

Foto: Instagram @juni_ricky_andriawan

Namun, kamu mesti membawa sendiri perlengkapan berkemah karena belum ada penyewaan yang tersedia di lokasi. Di sana hanya tersedia toilet, musala, serta warung yang menyediakan makanan seperti mi instan dan nasi, selain juga minuman hangat yang bisa menjadi pelengkap yang pas di udara dingin.

Kamu juga bisa memanfaatkan jasa operator tur untuk gowes ke Puncak B29 bersama pemandu. Sebut saja Wijaya Fun Cycling dengan biaya mulai Rp452.000 per orang untuk keberangkatan enam orang. Biaya tersebut sudah termasuk sepeda dan helm, pemandu, asuransi perjalanan, dan dokumentasi foto.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here