Gowes ke Bukit Putung, Tawarkan Jalur Menantang untuk Pesepeda

Walau mungil, masih banyak destinasi wisata di Bali yang tersembunyi dan belum diketahui banyak orang. Salah satunya adalah Bukit Putung.

Terletak di timur Bali, tepatnya di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, bukit yang berada di ketinggian sekitar 400 mdpl ini tak hanya menyuguhkan panorama asri di sepanjang perjalanan menuju lokasi, namun juga menampilkan pemandangan menawan dari ketinggian.

Foto: Instagram @undies_666

Selain lembah subur yang ditanami aneka pohon dan tumbuhan lainnya, kamu bisa melihat hamparan lautan luas, lengkap dengan kapal-kapal yang melintas di perairannya maupun Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan di kejauhan.

Sesekali, burung-burung liar beterbangan di kawasan tersebut, sehingga menambah keasrian suasana di Bukit Putung. Hawanya pun terbilang sejuk, sehingga kamu bisa bersantai sembari menghirup udara segar dan menikmati suasana yang jauh dari keramaian kota.

Foto: Instagram @psycloroad

Walau Bukit Putung sudah lama dibuka sebagai tempat wisata, tak banyak yang mengetahui keberadaannya, terutama karena memang lokasinya yang cukup jauh dari tempat-tempat wisata populer. Selain itu, tak ada fasilitas apa pun, hanya berupa sebuah spot di pinggir jalan untuk menikmati pemandangan.

Namun, tempat ini tetap menarik dikunjungi, terutama untuk pesepeda yang ingin menikmati alam sembari menjajal kemampuan bersepeda di medan yang menanjak. Kamu bisa memulai bersepeda dari Pantai Candidasa. Dari situ, lanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Raya Candidasa hingga Jalan Raya Manggis.

Foto: Instagram @adeputrayudha

Sepanjang perjalanan, kamu akan menjumpai pepohonan tinggi maupun hamparan persawahan. Kamu juga akan melewati permukiman warga, sejumlah penginapan, maupun warung-warung makan.

Mendekati lokasi, jalannya mulai menanjak dan berkelok-kelok. Kamu juga sudah mulai bisa melihat pemandangan lembah-lembah yang berselimutkan pepohonan hijau. Sebelum mencapai lokasi, kamu akan melalui belokan yang tajam, hingga tiba di sebuah spot dengan gazebo sederhana. Di sanalah lokasi terbaik untuk mengambil pemandangan sekitar Bukit Putung.

Foto: Instagram @dekk_son

Perjalanan dari Pantai Candidasa menuju Bukit Putung sekitar 10,5 km jauhnya. Walau dirasa dekat, medannya yang menanjak bisa saja membuat pesepeda pemula kesulitan. Jangan lupa membawa bekal untuk melepas dahaga dan mengisi perut.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here