Sa’dan To’barana, Desa Tenun di Toraja

Suku Toraja merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki budaya menenun. Kainnya dapat dengan mudah kamu jumpai di pasar dan toko suvenir di Rantepao, ibu kota Kabupaten Toraja Utara. Namun, bila ingin membeli langsung kain-kain tersebut dari perajinnya, kamu bisa menyambangi Sa’dan To’barana.

Terletak sekitar 15 kilometer jauhnya dari Rantepao, kampung ini berjuluk kampung tenun karena sebagian besar warganya mempunyai kepandaian menenun. Konon, keahlian tersebut telah diwariskan secara turun-temurun sejak dahulu, dan terus dilestarikan hingga saat ini.

Di salah satu sudut kampung ini kamu akan menjumpai kompleks beberapa tongkonan (rumah adat Toraja), dengan di sela-selanya terdapat lapak penjual kain, lengkap dengan demonstrasi tenun bagi para wisatawan yang berkunjung.

Sudah lama terkenal sebagai pusat penghasil tenun khas Toraja, di sinilah pengunjung dapat memborong kain langsung dari perajinnya. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat langsung proses pembuatannya yang masih dikerjakan dengan cara tradisional.

Kain tenun Toraja, yang sekilas mirip tenun Nusa Tenggara, memang memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam budaya masyarakat setempatnya. Selain memegang peranan penting dalam berbagai upacara adat sebagai penolak bala, kain tenun merupakan simbol kemakmuran bagi para pemiliknya. Di masa lalu, yang dapat memiliki kain hanyalah kaum bangsawan atau orang-orang kaya karena harganya pun setara dengan harga kerbau.

Umumnya, kain-kain Toraja berlatar merah dengan motif geometris berwarna biru, hitam, dan putih. Biasanya motif dan coraknya terinspirasi dari ukiran pada tongkonan, sehingga menambah keunikan dan keindahan kainnya. Harganya sendiri bervariasi, di kisaran ratusan ribu rupiah, tergantung tingkat kerumitannya.

Untuk mencapai kampung ini, kamu dapat menggunakan jasa travel dari Makassar. Opsi lainnya, kamu bisa menyewa kendaraan dan langsung berkendara ke lokasi. Pakailah jasa pemandu agar kamu bisa sekalian mengenal sejarah, adat, dan kekayaan budaya Toraja. Kalau ingin memborong kain tenun, siapkan juga uang tunai secukupnya ya.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here