Bosan Gowes di Kota, Coba Keliling Kebun Raya Purwodadi Yuk!

Foto: Instagram @prythapramesthi

Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu opsi destinasi liburan yang aman dan nyaman di tengah pandemi. Selain areanya yang terbuka dengan luas sekitar 85 hektar, pengelola juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk membatasi pengunjung maksimal 25 persen.

Aksesnya sendiri mudah. Berlokasi di Jalan Raya Surabaya-Malang Km 65, Kebun Raya Purwodadi terletak sekitar 24 km jauhnya dari pusat kota Malang, atau bisa ditempuh dengan berkendara selama sekitar setengah jam. Kalau kamu dari arah Surabaya, tempat wisata ini bisa dicapai dengan berkendara selama sekitar 1,5 jam.

Foto: Instagram @stormich

Pintu gerbang yang bernuansa Bali akan menyambut pengunjung setibanya di lokasi. Setelah memarkirkan mobil, kamu bisa langsung menjelajahi kawasan kebun raya tersebut tanpa terganggu kendaraan yang lalu-lalang. Udara pun terasa segar dan bebas polusi, apalagi ditambah dengan rindangnya pepohonan di sepanjang jalan.

Beroperasi sejak 1941, Kebun Raya Purwodadi ini merupakan pemekaran dari Kebun Raya Bogor. Karena itu, tujuan utamanya pun sama, yakni untuk memajukan penelitian tanaman yang ada di Indonesia.

Foto: Instagram @afirdworld

Berbagai koleksi tanaman menghiasi area kebun raya, dengan beberapa di antaranya terbilang langka dan berusia ratusan tahun. Jenisnya pun beragam, dari tanaman anggrek, tanaman paku, hingga tanaman obat.

Uniknya, ada beberapa area tematik di dalam kebun raya ini. Sebut saja Taman Bougenville dengan rumah kacanya yang menampilkan aneka koleksi tanaman, Taman Meksiko dengan koleksi tanaman kaktus, serta Green House Anggrek yang mengoleksi ribuan bunga anggrek, termasuk beberapa di antaranya yang merupakan jenis endemik Jawa Timur.

Foto: Instagram @asri_dy

Saking banyaknya atraksi yang ada di sini, pengelola pun menyediakan sejumlah fasilitas agar pengunjung tak kelelahan berjalan kaki mengitarinya. Salah satunya yang bisa kamu sewa adalah sepeda dengan biaya mulai Rp25.000 per jam.

Jalurnya tentu saja melalui rindangnya pepohonan di kanan kiri, sehingga terasa teduh, bahkan di siang hari sekalipun. Kalau lelah, tersedia bangku taman maupun gazebo di beberapa sudut untuk beristirahat, sebelum gowes melanjutkan perjalanan mengelilingi kebun raya.

Foto: Instagram @yuliawijayantii

Pembelian tiket masuk Kebun Raya Purwodadi bisa melalui kebunraya.id. Biayanya Rp15.500 per orang di hari kerja dan Rp25.500 per orang di akhir pekan. Sementara biaya parkir mobil Rp15.000.

Kalau membawa sepeda sendiri, kamu dikenakan biaya tambahan Rp10.000 per jam. Selain sewa sepeda, kamu juga bisa berkeliling dengan opsi transportasi lainnya, seperti golf car sebesar Rp200.000 per jam maupun shuttle bus sebesar Rp20.000 per orang. Jam operasional Kebun Raya Purwodadi adalah Senin-Jumat pukul 07:00-16:00 serta Sabu, Minggu, dan hari libur nasional pukul 06:30-17:00.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here