Taman Harmoni Keputih, Opsi Wisata Gratis di Surabaya

Foto: Dok. Google Maps/Ainur 1981

Tak semua tempat wisata yang menawarkan spot-spot fotogenik mematok tiket untuk pengunjungnya. Sebut saja Taman Harmoni Keputih di Surabaya.

Beralamatkan di Jalan Keputih Tegal Timur II No. 249, taman cantik yang punya segudang koleksi bunga warna-warni ini membebaskan biaya masuk untuk pengunjungnya. Kamu hanya perlu menyiapkan biaya parkir kendaraan yang terjangkau, yakni Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Foto: Instagram @yeomxojaly

Taman ini sendiri tadinya merupakan lokasi pembuangan sampah yang kemudian dipindah ke Benowo. Sempat terlantar, taman tersebut kemudian mulai ditanami dan ditambahkan fasilitas penunjang, hingga menjadi seperti yang sekarang ini. Dari luas keseluruhan sekitar 40 hektar, baru 8,6 hektar yang saat ini sudah dibangun dan bisa dijelajahi.

Di Taman Harmoni, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan berbagai macam jenis bunga, seperti bunga matahari, bunga mawar, bunga sepatu, dan masih banyak lagi. Banyak pengunjung yang datang kemari untuk berfoto di antara hamparan bunga yang cantik tersebut. Namun ingat untuk tetap berhati-hati ya, jangan sampai merusak atau menginjak tanaman.

Foto: Dok. Google Maps/Dendieta Gaizka

Di taman ini sendiri ada setidaknya 70 jenis tanaman, dengan 31 jenis tanaman semak perdu dan 38 jenis pepohonan. Setiap tahunnya jumlah tersebut terus bertambah, dengan harapan taman ini dapat menjadi taman bunga terbesar yang ada di dunia.

Selain menikmati keindahan bunga, pengunjung juga dapat memanfaatkan taman ini sebagai tempat berolahraga. Pengunjung dapat berlari atau berjalan santai di trek jogingnya yang nyaman dengan pepohonan dan tanaman di sekitarnya.

Foto: Instagram @anandaoktaviano

Tak hanya itu, di taman ini juga terdapat hutan bambu yang fotogenik. Kamu dapat menyusurinya sembari menyaksikan pohon-pohon bambu yang menjulang tinggi. Saking cantiknya, banyak yang menjadikan kawasan hutan bambu ini sebagai lokasi foto pre-wedding.

Kelar berolahraga, kamu dapat berjalan di atas jalur batu yang didesain khusus untuk refleksi kaki, bersantai di tepi air mancur, atau berfoto di beberapa spot lainnya yang menarik. Bila membawa anak, tersedia pula area bermain yang dilengkapi seluncuran, ayunan, jungkat-jungkit, dan lainnya.

Foto: Dok. Google Maps/Tour Guide Jalanan

Taman Harmoni Keputih terletak tak jauh dari Kebun Bibit Wonorejo. Kalau dari arah Kota Tua Surabaya, taman ini dapat diakses dengan berkendara selama sekitar setengah jam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here