TikTok Gelar #MuseumMoment, Tur Virtual Keliling 23 Museum di Dunia

TikTok meluncurkan acara global bertajuk #MuseumMoment yang mengajak penggunanya untuk berwisata secara virtual ke 23 museum di 12 negara.

Acara ini akan dimulai dengan tur virtual di National Gallery Singapore pukul 14:00 WIB hari ini, kemudian diikuti dengan kunjungan ke sejumlah museum terbaik di dunia yang ada di Spanyol, Israel, Jepang, Belanda, Prancis, Italia, Brasil, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, hingga yang terakhir, Meksiko, pada pukul 08:00 WIB esok hari.

Seluruh tur virtual ini disiarkan secara langsung sepanjang hari lewat channel TikTok for Good. Kalau tertarik menontonnya, kamu bisa langsung mengklik laman tersebut.

Lewat #MuseumMoment, para penonton di seluruh dunia dapat menikmati berbagai konten budaya yang menarik, mulai dari mendengarkan kisah sejarah Inggris di tahun 1930-an, hingga melihat karya seni terkenal di Belanda.

TikTok sendiri memang tak sering dikaitkan dengan seni dan budaya. Meski demikian, platform ini punya komunitas pencinta sejarah, arsitektur, dan seni budayanya sendiri. Hal ini terbukti dari konten dengan tagar populer dalam kategori ini, termasuk #FineArt, #ArtHistory, dan #ArtOnTikTok, yang jumlah views-nya kini mencapai dua miliar tiap bulannya, tumbuh 3.000 persen dalam setahun terakhir.

Tak hanya itu, selama setahun terakhir ini, beberapa institusi budaya paling terkenal di dunia telah bergabung dengan TikTok dan terhubung dengan audiens yang lebih luas, menyambut pengunjung secara digital melalui pengalaman online yang imersif.

Berikut ini adalah beberapa tur yang tak boleh dilewatkan dalam #MuseumMoment.

  • Tur bersama pakar taksidermi Museum für Naturkunde, museum sejarah alam di Berlin, Jerman.
  • Sacramento History Museum (California, AS) yang telah menghasilkan beberapa konten budaya paling populer selama setahun terakhir di TikTok, bakal memberikan tur virtual ke tempat percetakan mereka yang populer, selain cuplikan eksklusif dari pameran terbaru mereka, “California in Print.”
  • Tur keliling Istana Versailles yang dilengkapi efek AR, sehingga pengguna pun serasa sedang berjalan-jalan sendiri di dalamnya sembari melihat berbagai karya seni yang terpajang.
  • Melihat sejumlah ruangan terkenal di The Metropolitan Museum of Art, serta melihat pameran terbarunya dari dekat.

Berikut jadwal lengkap #MuseumMoment.

Foto: Dok. TikTok

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here