Bersepeda Menyusuri Desa Carangsari, Nikmati Alam dan Budaya yang Autentik

Gowes sambil menikmati alam dan budaya pedesaan yang autentik bisa kamu lakukan di Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali. Lokasi desa ini tak jauh dari pusat kota Ubud, yakni hanya 19 km jauhnya, dan biasanya dijadikan alternatif untuk lokasi gowes dengan suasana yang jauh dari keramaian kota.

Kalau kebetulan menginap di area selatan Bali, seperti Kuta, Legian, dan Seminyak, kamu bisa menggunakan operator tur untuk memudahkan perjalananmu. Biasanya mereka menawarkan tur bersepeda di Desa Carangsari yang sudah termasuk transportari dari hotel ke lokasi dan sebaliknya, pemandu, sepeda beserta helm, dan makan siang. Klook merupakan salah satunya yang menawarkan tur semacam ini dengan biaya Rp790.000 per orang.

Foto; Instagram @igedeoktasaputra

Jarak tempuh bersepedanya sendiri adalah 17 km dengan durasi sekitar dua jam. Rutenya kebanyakan jalan landai yang tak terlalu menguras tenaga, sehingga ramah untuk pesepeda pemula.

Di awal perjalanan, kamu akan diajak melintasi persawahan berundak. Kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan langsung keseharian petani yang sedang bercocok tanam dengan peralatan tradisional.

Foto; Instagram @truebaliexperience

Selepas menyusuri persawahan, rutenya berganti memasuki pedesaan dengan suasana yang asri dan tenang. Kamu bisa berhenti sejenak di sana untuk berfoto sekaligus menyapa penduduknya yang ramah.

Selanjutnya, kamu akan diajak terus ke arah selatan hingga tiba di Taman Mumbul Sangeh yang memiliki kolam ikan mas di area depannya. Di sini, kamu dapat beristirahat sembari mengagumi bangunan pura yang unik dan menikmati suasananya yang asri dengan pepohonan rimbun di sekitarnya. Kalau tertarik mengabadikan keindahannya, kamu bisa berfoto dari beberapa spot terbaiknya.

Foto: Dok. Google Maps/11 aling

Sangeh Monkey Forest menjadi tujuan akhir tur bersepeda ini. Salah satu destinasi terpopuler di Bali ini merupakan habitat bagi ratusan monyet yang berkeliaran bebas. Walau terlihat lucu dan menggemaskan, mereka juga usil, sehingga tetap berhati-hati dengan barang bawaan selagi di sini.

Dari Sangeh, kamu bisa melanjutkan ke tempat makan siang dengan kembali bersepeda, atau menggunakan kendaraan yang sudah disediakan operator. Setelah makan siang, barulah kamu diantar kembali ke akomodasi. Selesai sudah perjalanan gowes menyusuri Desa Carangsari!

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here