Mengejar Sunrise di Puncak Gunung Bongkok

Buat kamu yang ingin mendaki singkat tanpa memakan banyak waktu, Gunung Bongkok di Kabupaten Purwakarta bisa menjadi destinasi liburanmu berikutnya. Setinggi 975 mdpl, gunung ini tak hanya mudah didaki, namun juga cocok untuk melakukan camping ceria bersama teman.

Durasi pendakian ke puncak sekitar 1-1,5 jam, tergantung kemampuan mendaki. Treknya cukup menanjak, namun di sekelilingnya banyak pohon sehingga teduh. Jalur pendakian awal akan melewati hutan bambu, kemudian barulah melintasi pepohonan rimbun.

Foto: Instagram @s1git_putra

Medannya cukup terjal dengan banyak batu-batu besar, namun pihak pengelola gunung telah menyiapkan tali tambang atau alat bantu lain untuk memudahkan pendakian. Walau durasinya singkat, pastikan tubuh benar-benar fit untuk mendaki. Selain itu, kenakan sandal atau sepatu gunung – dan mendakilah bersama tim beranggotakan minimal tiga orang, dengan salah satunya yang sudah berpengalaman mendaki gunung.

Total ada dua puncak yang bisa didaki. Kalau ingin menikmati sunrise, kamu bisa menaiki Puncak Datar. Dari sana, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit dan mengabadikan momen tersebut dengan kamera.

Foto: Instagram @sobar_rdn

Namun, tetap berhati-hati saat melangkah ya, karena lokasinya terbilang curam dan memiliki sisi yang berhadapan langsung dengan jurang. Bebatuan yang dipijak pun bisa sangat licin, sehingga sebaiknya selalu berpegangan dan tidak berebut mengambil foto.

Puncak kedua adalah Puncak Watu Tumpang yang merupakan titik tertinggi di Gunung Bongkok. Areanya cukup luas, namun karena permukaannya yang berbatu, kamu tak bisa mendirikan tenda di sini. Angin di sini pun berembus kencang, sehingga tetap harus waspada saat menikmati keindahannya.

Foto: Instagram @jurightertawa_

Dari puncaknya, kamu bisa menikmati pemandangan Waduk Jatiluhur maupun Kota Purwakarta di kejauhan, selain juga Gunung Lembu, Gunung Parang, dan desa-desa di sekitarnya. Bebatuan besar yang menjulang di puncak ini pun bisa menjadi latar foto yang menarik.

Untuk mencapai Gunung Bongkok ini sendiri terbilang mudah, dengan akses yang bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun empat. Kalau dari pusat kota Purwakarta, kamu tinggal mengarahkan kendaraan ke daerah Plered, kamudian menuju Cikandang hingga tiba di Pos Munclu. Durasi berkendaranya sekitar satu jam.

Foto: Instagram @sf.wongkar

Setibanya di Pos Munclu, kamu bisa memarkirkan kendaraan dan mendaki Gunung Bongkok. Namun, kalau ingin menikmati sunrise, kamu bisa tiba di sini sore hari, lalu berkemah di sekitar Pos Munclu. Pendakian menuju puncak barulah dilakukan keesokan paginya.

Untuk mendaki Gunung Bongkok, kamu mesti membayar tiket masuk sebesar Rp12.000 per orang. Kalau ingin menyewa tenda, biayanya Rp10.000. Sementara biaya parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Fasilitas lain yang tersedia di sini adalah kamar mandi, musala, dan warung makan.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here