Bambooland Bike Park, Trek Sepeda Downhill Favorit di Yogyakarta

Foto: Instagram @wendyindra

Buat kamu penyuka trek downhill, ada satu tempat yang  wajib kamu kunjungi selagi di Yogyakarta. Namanya Bambooland Bike Park, lokasinya di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Ngepring, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Kalau dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 22 kilometer, dan bisa ditempuh dengan berkendara tak sampai satu jam via Jalan Palagan Tentara Pelajar. Tempat loading sepedanya sendiri berada di Jalan Turgo, dekat simpang empat Dusun Ngepring. Dari titik tersebut, kamu bisa menggunakan jasa loading ke titik start.

Foto: Instagram @arphy.s

Masih terbilang baru, bike park yang dibuka sejak 2018 ini menawarkan jalur sepeda sepanjang 2,2 kilometer. Medannya cukup bervariasi, dari tanah berbatu, rintangan berupa akar pohon, dan obstacle lainnya khas trek downhill, seperti berm, tabletop, dan drop.

Foto: Instagram @raditceper

Sesuai namanya, yakni Bambooland, lokasi bike park ini memang di lahan tempat menanam bambu. Karena itu, pemandangan pohon bambu di sepanjang trek menjadi ciri khas jalur ini. Uniknya lagi, karena lokasinya di kaki Gunung Merapi, kamu pun bisa berfoto dengan latar gunung tersebut di kejauhan.

Foto: Instagram @gerombolan_siberat

Selain downhill, jenis sepeda seperti enduro dan all mountain pun bisa dipakai di sini. Karena ada jalur yang tak terlalu ekstrem, pesepeda pemula pun bisa menjajal trek ini untuk mengasah keahliannya bersepeda.

Namun, pastikan untuk selalu mengenakan perlengkapan seperti helm, sepatu, dan pelindung lutut demi keamanan. Apalagi lokasi loading-nya terletak dekat titik finish, sehingga cukup berbahaya bila terjatuh dan menabrak pesepeda lain.

Foto: Instagram @bamboolandbikepark

Untuk menjajal trek ini, kamu cukup membayar Rp25.000. Jasa loading ke titik start Rp30.000 untuk tiga kali loading. Sudah dibuka kembali mulai bulan lalu, pesepeda diwajibkan untuk mengenakan masker dan menjaga jarak, terutama ketika berada di area loading.

Untuk informasi terkini seputar kondisi trek di Bambooland Bike Park, kamu bisa mengikuti akun Instagram @bamboolandbikepark, atau menghubungi 08196006345.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here