Jalan-jalan ke Utara Lombok, Jangan Lewatkan Snorkeling di Pantai Nipah!

Biasanya, setibanya di Lombok, area yang pertama dituju pelancong adalah Senggigi. Selain karena lokasinya tak jauh dari pusat kota Mataram, kawasan ini memiliki beragam tipe akomodasi dengan akses mudah ke pantai. 

Nah, kalau ingin area yang lebih sepi namun tetap menawarkan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih dan perairan biru, cobalah berkendara sekitar 10 kilometer ke arah utara via Jalan Raya Senggigi. Jalan beraspal yang mulus dengan panorama perbukitan hijau akan menemani perjalanan, hingga akhirnya kamu tiba di Pantai Nipah. 

Foto: Instagram @a_yiex30

Di pinggir jalan sudah dipasang plang penunjuk bertuliskan Pantai Nipah, sehingga kamu tak akan kelewatan. Setelah memarkirkan kendaraan dan memasuki kawasan pantai, kamu bakal disuguhkan pemandangan perahu nelayan yang berjejer di tepian pantai. 

Samar-samar tercium pula wangi ikan bakar yang bercampur dengan aroma segar khas pantai. Tak heran, di sepanjang pantai ini bisa ditemui deretan warung ikan bakar yang kelezatannya sudah tak diragukan lagi. Di sinilah biasanya pengunjung mengisi perut dengan menyantap satu porsi ikan bakar ditemani es kelapa muda.

Kalau perut masih belum meronta, kamu bisa melewatkan waktu dengan menyisir daerah pantai untuk menuju kawasan perbukitan hijau di sekelilingnya. Dari ketinggian, kamu bisa melihat lekukan garis pantainya yang cantik dengan perairan bening yang bergradasi hijau, biru kehijauan, sampai biru gelap. Berpose di sini dengan latar pantai dan kontur bukit yang unik tentu akan membuat feed Instagram-mu jadi lebih menarik. 

Kalau sudah tak sabar bermain air, kamu bisa langsung menyewa peralatan snorkeling di beberapa tempat penyewaan peralatan olahraga air di sekitar pantai. Biayanya beragam, berkisar Rp50.000 per setnya. Opsi lainnya, kamu bisa membawa sendiri peralatan snorkeling yang dibutuhkan beserta kamera underwater untuk memotret. 

Foto: Dok. Turtle Conservation Community Nipah

Taman terumbu karang di sini layak dikunjungi, dengan warna-warni koral yang bakal memesona mata penyelamnya. Jumlah ikannya tak sebanyak spot snorkeling lainnya di Lombok, namun kalau beruntung, kamu bisa bertemu penyu. Tak heran, karena Pantai Nipah merupakan salah satu lokasi konservasi penyu dengan ribuan tukik yang dilepaskan di sini setiap tahunnya.

Selain snorkeling, kamu juga dapat menikmati keindahan pantai dengan berkano, berselancar, atau berkeliling di sekitar perairannya dengan naik perahu sewaan. Di pinggir pantai juga terdapat ayunan yang bisa digunakan untuk bermain ataupun berfoto. Menjelang sore, kamu dapat bersantai di salah satu warung makan, atau beranjak ke puncak bukit untuk menikmati pemandangan matahari terbit dari ketinggian. 

Foto: Instagram @chrisstanleyhd

Pantai Nipah terletak di Dusun Nipah, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Kalau naik feri dari Bali dan tiba di Pelabuhan Lembar, kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke Pantai Nipah dengan berkendara sejauh 53 kilometer, atau sekitar 1,5 jam lamanya. 

Tidak ada biaya masuk, kamu cukup membayar biaya parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor. Selain warung makan, fasilitas lain yang ada di Pantai Nipah adalah tempat bilas, toilet, dan musala. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here