Asyiknya Joging Melintasi Sawah di Subak Uma Desa, Canggu

Pembangunan jalan usaha tani (JUT) di sejumlah subak di Bali tak hanya mempermudah petani dalam melakukan kegiatan pertanian dan pemasaran hasil pertanian. Jalan tersebut juga bisa dimanfaatkan warga setempat maupun wisatawan sebagai trek joging sembari menikmati pemandangan hamparan sawah hijau di sekelilingnya. 

Salah satunya yang cocok untuk berlari santai adalah Subak Uma Desa. Lokasinya di Canggu, sebuah desa di Kecamatan Kuta Utara, Badung, yang semakin populer beberapa tahun belakangan ini. Kawasan ini memang sebelumnya terkenal dengan pantainya yang cocok untuk berselancar dan bar-bar untuk bersantai di tepinya. Namun, kini Canggu pun dikunjungi sebagai opsi destinasi dari selatan Bali yang semakin ramai turis. 

Foto: Instagram @aryawiznu

Trek joging di Subak Uma Desa sendiri baru dibangun 2018 lalu. Tujuannya untuk melestarikan subak agar sawah-sawah di sekitarnya tidak menjadi kawasan perumahan. Selain itu, trek tersebut diharapkan dapat menunjang pariwisata Desa Canggu yang semakin berkembang. 

Panjang trek di sini hanya sekitar satu kilometer, namun pemandangannya menyejukkan mata. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan sawah hijau. Kalau datang di sore hari, kamu bisa joging sambil menikmati pemandangan matahari yang terbenam di ufuk barat. 

Foto: Dok. Google Maps/Debora Seilatu

Sesekali kamu akan menjumpai petani yang tengah membawa hasil bumi. Kamu juga bakal berpapasan dengan pengunjung lain yang berlari santai, bersepeda, atau bahkan berjalan bersama anjing kesayangannya. Tenang saja, jalanannya cukup lebar, yakni sekitar 1,5 meter, jadi kamu bisa menyalip petani atau pelari lain bila tak sabar menunggu. 

Tergantung kemampuan, kamu bisa berlari melintasi trek ini beberapa kali. Kalau ingin beristirahat, kamu bisa duduk-duduk di salah satu gazebo yang tersedia di sepanjang trek. Bila membawa makanan dan minuman untuk berpiknik, pastikan untuk membawa pulang sampahnya kembali dan jangan mengotori lingkungan.

Foto: Dok. Google Maps/Mastri Caerina

Berhati-hatilah juga, terutama saat berfoto, agar tidak menginjak atau merusak tanaman para petani. Karena sedang pandemi, patuhi protokol kesehatan yang berlaku, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lain.

Untuk mencapai Subak Uma Desa, kamu dapat berkendara ke Jalan Raya Batu Mejan atau Jalan Raya Canggu. Kamu bisa memarkirkan kendaraan di ujung jalan sebelum joging di trek ini. Opsi lainnya, kamu bisa bersepeda dan memarkirkannya di dekat gazebo. Agar lebih jelas, cek lokasinya di laman ini. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here