Gowes di Kanhay Bike Park, Suguhkan Latar Gunung Manglayang

Foto: Instagram @nunuychukill

Buat kamu penyuka sepeda gunung, ada satu bike park baru di Bandung yang bisa kamu kunjungi nih! Namanya unik, yakni Kanhay yang merupakan singkatan dari kandang ayam. Pasalnya letaknya memang dekat peternakan ayam, sehingga suara ayam pun terdengar riuh saat mendekati tempat ini. 

Lokasi persisnya sendiri di Kecamatan Cilengkrang, atau sekitar 16,5 km dari pusat kota Bandung. Sekitar 4 km sebelum Kanhay Bike Park, kamu akan disuguhi jalan beraspal yang terus menanjak hingga ke ketinggian 940 mdpl. Cukup menantang bukan? Namun, kalau kamu belum kuat menanjak, tak perlu khawatir karena bisa menumpang ojek yang ada di sepanjang jalan. 

Foto: Instagram @adebayuindra

Setibanya di lokasi, kamu dapat langsung menggowes sepeda menyusuri sejumlah treknya. Beberapa di antaranya sudah beraspal, sementara sisanya berupa tanah merah.

Jalur di bike park ini sendiri tak terlalu ekstrem, dan dapat dilalui tipe sepeda all mountain (AM), downhill (DH), cross country (XC), maupun dirt jump (DJ). Karena itu, bike park ini lebih cocok untuk pesepeda pemula yang ingin melatih kemampuan mereka sebelum bersepeda di trek yang lebih menantang.

Foto: Instagram @gravityratjoen

Sepanjang 2,4 km, lintasan sepeda di sini sudah dilengkapi drop, tabletop, maupun berm. Drop yang menjadi pembuka di trek ini cukup tinggi, ditambah lagi tabletop yang harus dilalui sebelum kelokan. Tak jarang pesepeda yang baru berlatih di sini terjatuh saat melewatinya. 

September lalu, Kanhay Bike Park juga telah menambah lintasan baru, yakni pump track. Berupa serangkaian roller (gundukan) dan berm, lintasan ini cocok untuk meningkatkan kemampuan dasar bersepeda, terutama dalam segi pengendalian sepeda maupun kekuatan kaki dan tangan. 

Foto: Instagram @fahrytaufiq

Bila tertarik bersepeda di sini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis, namun mereka dipersilakan berdonasi secara sukarela untuk biaya pengelolaan trek. Selain itu, Kanhay Bike Park juga menerapkan beberapa aturan bagi pesepeda agar mereka dapat berlatih dengan aman dan nyaman.  

Selain membawa jenis sepeda yang sesuai, pesepeda wajib mengenakan perlengkapan, termasuk helm dan body protector. Bila ingin melintas di pump track, ban sepeda harus bersih, tidak boleh bersepeda melawan arah, dan tidak boleh menginjak atau melintasi rumput. 

Foto: Instagram @ibenkkusyanto

Karena saat ini masih pandemi, pesepeda juga wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Beberapa di antaranya termasuk mengenakan masker, menjaga jarak dengan pengunjung lain, serta mencuci tangan secara berkala. 

Usai bersepeda, kamu dapat menuju beberapa spot foto yang tersedia dengan latar Gunung Manglayang. Fasilitas lain yang tersedia adalah toilet, musala, warung, dan area parkir mobil. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here