Bukit Mongkrang, Opsi Destinasi Mendaki Selain Gunung Lawu

Pendakian di Gunung Lawu yang membutuhkan waktu berjam-jam hingga tiba di puncaknya seringkali menciutkan nyali pendaki pemula. Membayangkan harus mendaki selama itu saja sudah cukup untuk membuat mereka menyerah dan batal muncak. Apalagi trek yang dilalui cukup sulit, yakni melalui jalur batu yang menanjak.

Nah, bila ingin melatih fisik dan mental sebelum menaklukkan Gunung Lawu, kamu bisa mencoba mendaki Bukit Mongkrang. Jalur pendakian yang dibuka 2019 silam ini terletak di sisi selatan Gunung Lawu, atau tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Walau terbilang baru, jalur ini langsung difavoritkan para pendaki karena beberapa alasan. Selain waktu pendakian yang lebih singkat, yakni hanya satu-dua jam saja sudah sampai di Puncak Candi Mongkrang 1 (puncak pertama di Bukit Mongkrang), jalurnya pun sudah jelas dan mudah dilewati.

Foto: Instagram @bangjad_

Kamu tinggal mengikuti saja jalan setapak yang tersedia. Medannya landai dan minim rintangan, sehingga tak memerlukan keahlian mendaki secara khusus. Di sepanjang jalur pendakian juga ada beberapa warung untuk mengisi perut dan mengistirahatkan kaki.

Setibanya di puncak, kamu akan disuguhi pemandangan Gunung Lawu yang menjulang setinggi 3.265 mdpl di sisi utara. Asap belerang yang mengepul dari Kawah Candradimuka juga terlihat dari sini.

Foto: Instagram @andimareto

Pemandangan di sisi barat pun tak kalah memesona. Bila cuaca cerah, kamu bisa mengagumi barisan pegunungan yang ada di Jawa Tengah, mulai dari Merapi, Merbabu, Sumbing, Telomoyo, Prau, hingga Ungaran. Saat matahari terbenam, panorama tersebut bakal lebih cantik dengan semburat sinar mentari berwarna keemasan di langit biru.

Kalau ingin menyaksikan sunset, kamu bisa mulai mendaki di sore hari. Cek prakiraan waktu matahari terbenam sebelum mendaki, dan perkirakan waktu pendakian untuk mencapai puncak, sehingga kamu tak ketinggalan momen. Opsi lainnya, kamu juga bisa mendaki di pagi hari ketika cuaca tak terlalu terik.

Foto: Instagram @jo.chryst

Dari sini, kamu dapat melanjutkan pendakian ke puncak yang lebih tinggi lagi, yakni Candi Mongkrang 2 dengan waktu tempuh sekitar satu-dua jam. Namun, tak banyak pendaki yang ke sana, sehingga disarankan untuk pergi bersama pemandu agar tak tersesat.

Bukit Mongkrang dapat dicapai melalui Jalan Raya Matesih-Tawangmangu. Dari Solo, waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam berkendara.

Tiket masuk kawasan Bukit Mongkrang adalah Rp10.000 per orang, dan bila ingin berkemah Rp15.000 per orang. Di pintu masuk kawasan juga ada lapangan untuk memarkirkan kendaraan. Biayanya Rp10.000.

Foto: Instagram @step_ria

Kalau ingin berkemah, disarankan untuk membawa sendiri perlengkapannya demi menjaga kebersihan di masa pandemi. Selain itu, jangan membuat api unggun dan membuang puntung rokok sembarangan. Kondisi bukit yang berselimutkan rerumputan membuatnya rawan terbakar, terlebih di musim kemarau. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan dan membawa pulang sampah.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here