Taman Bungkul, Lokasi Joging Asri di Tengah Kota Surabaya

Surabaya memiliki banyak taman cantik yang biasa dimanfaatkan warga sekitar untuk sekadar berkumpul, berolahraga, atau berekreasi bersama keluarga. Beberapa di antaranya bahkan dilengkapi fasilitas yang sangat memadai. Sebut saja Taman Bungkul.

Menempati area seluas 900 meter persegi, Taman Bungkul berada di Jalan Taman Bungkul, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo. Lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Surabaya-Malang. Pepohonan rindang yang tumbuh seolah memayungi taman, menjadikan Taman Bungkul tampak asri dan terhindar dari terpaan sinar matahari yang berlebih.

Foto: Instagram @agunksuciono

Setiap akhir pekan, banyak warga sekitar yang datang ke taman ini untuk mengajak anak bermain, berolahraga, duduk santai di bangku taman, dan bahkan berziarah. Ya, tak jauh dari taman ini memang terdapat makam Ki Ageng Bungkul atau Sunan Bungkul yang juga sering didatangi para pelayat.

Bila berniat untuk joging, sudah tersedia trek lari yang dibangun mengelilingi taman. Kamu bisa joging di pagi hari sekitar pukul 06:00 hingga 08:00 ketika pengunjung belum terlalu ramai. Hawanya pun masih sejuk dan suasananya tidak terlalu berisik dengan lalu lalang kendaraan yang melintas. Selain berlari santai, kamu juga bisa beryoga atau bersenam di area taman.

Foto: Dok. Google Maps/Dian Ekawati Suryaman

Fasilitas Taman Bungkul sudah cukup lengkap, mulai dari arena bermain anak, spot khusus untuk bermain skateboard, Wi-Fi gratis, kursi taman di beberapa titik, toilet umum, hingga wastafel yang airnya aman diminum. Terdapat pula sentra pedagang kaki lima yang tertata rapi di dekat area taman bila berniat sarapan usai berolahraga.

Tidak hanya pagi atau siang hari, kawasan Taman Bungkul juga seringkali didatangi pengunjung pada malam hari. Lampu-lampu yang menerangi kawasan membuat Taman Bungkul menjadi sarana rekreasi yang murah untuk sekadar menikmati suasana kota di malam hari.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here