Snorkeling di Pantai Sadranan, Tips dan Spot Terbaiknya

Tak banyak tempat di Yogyakarta yang menawarkan aktivitas snorkeling di laut karena ombaknya yang memang relatif besar di wilayah perairan selatan. Untungnya di Gunungkidul ada pantai yang bisa kamu kunjungi bila tertarik menikmati pesona bawah laut. Pantai Sadranan namanya.

Terletak di antara Pantai Slili dan Ngandong, atau tepatnya di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Pantai Sadranan menawarkan pemandangan pasir putih dengan pulau karang di perairannya yang jernih. Panorama bawah lautnya pun tak kalah eksotis, dengan ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. 

Bila tak membawa peralatan snorkeling, tak perlu khawatir karena di tepian pantai banyak penduduk setempat yang menyewakan masker, snorkel, fins, dan jaket pelampung. Biayanya sekitar Rp35.000 per setnya.  

Kamu juga bisa meminta pemandu menemani untuk memastikan keselamatan selagi snorkeling sekaligus membantu memotret di bawah laut. Biasanya, wisatawan akan diajak ke spot-spot terbaiknya, seperti Watu Pecah dan Kali Senggoro dengan taman lautnya yang masih alami. Di sana, kamu dapat menjumpai beragam jenis ikan, seperti moris, kepe-kepe, belut moray, dan moris. 

Ombak di sini bisa cukup besar di waktu-waktu tertentu walau ada karang besar yang membantu memecah ombak. Karena itu, kamu disarankan untuk snorkeling saat air surut, yakni sekitar pukul 10:00 hingga maksimal pukul 15:00. Saat air surut, perairannya pun tenang dan memudahkan kamu untuk melihat keindahan bawah laut. 

Foto: Dok. Google Maps/arief marret

Selama snorkeling, jangan tergoda untuk memberi makan ikan-ikan yang ada di sana. Pastikan juga untuk tidak menyentuh dan menginjak terumbu karang yang ada demi menjaga kelestariannya. 

Usai berenang dan bermain air, kamu dapat melewatkan waktu dengan aktivitas lain, seperti berfoto di bebatuan karang yang ada di pinggir pantai atau berkano untuk melihat dari dekat pulau karang yang ada di seberang pantai. Biayanya sekitar Rp50.000 per kano yang bisa digunakan untuk dua penumpang. 

Foto: Dok. Google Maps/Puja Risma

Kamu juga bisa menyewa gazebo seharga mulai Rp10.000 hingga Rp25.000 untuk bersantai sembari menanti matahari terbenam. Bila lapar, sekalian saja memesan aneka hidangan laut yang lezat dari warung makan yang buka di sekitaran pantai. 

Untuk mengakses pantai ini, kamu dapat berkendara dari pusat kota Yogyakarta selama dua jam. Biaya masuk pantai Rp10.000 per orang, belum termasuk biaya parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Bila berniat berkemah di sini, tersedia pula tenda berkapasitas empat orang yang disewakan seharga Rp50.000. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here