Hutan Kota Malabar, Spot Asyik untuk Joging Pagi di Malang

Joging kian digemari untuk menjaga kebugaran di tengah pandemi. Selain mudah dan murah, aktivitas fisik yang melibatkan otot-otot besar ini pun bisa dilakukan di mana saja, entah di kompleks perumahan, atau tempat terbuka yang nyaman dan asri, seperti taman atau hutan kota.

Di Malang, ada salah satu hutan kota yang asyik untuk tempat joging, namanya Hutan Kota Malabar. Berada di Jalan Malabar, Kelurahan Oro-oro Dowo, hutan kota ini menempati area seluas sekitar 1,6 hektar.

Memasuki kawasan ini, kamu akan langsung merasakan hawa yang sejuk dengan riuhnya kicauan burung atau serangga. Jalur paving stone yang dibangun mengelilingi kawasan hutan membuat pengunjung lebih nyaman beraktivitas karena dapat melewati kawasan hutan tanpa menginjak tanaman di sekitarnya. Pepohonan yang rindang dan menjulang tinggi juga menjadikan suasana semakin terasa seperti di tengah hutan belantara.

Foto: Instagram @iwan.sh

Selain sebagai sarana olahraga, area terbuka hijau ini juga berfungsi sebagai sarana rekreasi, relaksasi, dan edukasi lingkungan. Tak hanya itu, Hutan Kota Malabar berperan penting sebagai paru-paru kota, serta merupakan area lindung bagi pepohonan, habitat burung, serta serangga yang hidup di dalamnya.

Jumlah pepohonan yang tumbuh di hutan kota ini berkisar 150 pohon yang beraneka macam jenisnya. Sebagian pepohonan yang tumbuh bahkan diidentifikasi dan diberi label nama. Sejarah tentang Hutan Kota Malabar juga terpampang di sana.

Terdapat pula kolam reservoir yang biasa menjadi tempat penampungan air hujan maupun air dari daerah Oro-oro Dowo, sekaligus sebagai tempat minum bagi satwa yang menghuni hutan kota tersebut. Karena itu, jangan mengotori Hutan Kota Malabar dengan membuang sampah sembarangan, karena tempat sampah pun sudah tersedia di berbagai sudut.

Lelah berolahraga, kamu bisa meregangkan kaki di bangku-bangku yang terpasang di beberapa titik sembari bersantai dan menikmati udara sejuk di sana. Lampu-lampu taman juga dipasang di kawasan ini sehingga tidak ada kesan seram sama sekali saat malam hari. Fasilitas lain seperti toilet umum dan area parkir pun sudah tersedia.

Foto: Instagram @mistervicks

Masuk ke dalam Hutan Kota Malabar tidak dipungut biaya, kamu hanya wajib membayar parkir Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor. Hutan Kota Malabar buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 18:00. Lokasi hutan ini sangat strategis dan tidak jauh dari pusat kota Malang. Dari alun-alun, kamu hanya perlu berkendara sejauh 2,8 km.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here