Rock Fishing, Teknik Memancing yang Memacu Adrenalin

Rock fishing atau mancing karangan merupakan istilah dari kegiatan memancing yang dilakukan dari atas bebatuan tebing atau karang di tepi laut. Dibutuhkan stamina yang kuat untuk melakukan rock fishing, dikarenakan medan yang akan dilalui para pemancing (angler) cukup ekstrem dan memacu adrenalin. Oleh karena itu, rock fishing tergolong salah satu teknik memancing yang memerlukan keahlian khusus.

Tantangan dalam rock fishing tidak hanya akses menuju spot memancing yang harus melewati sudut tebing yang curam dan tajamnya karang, tetapi juga ombak besar yang bisa datang tiba-tiba dan menyapu angler. Karena itu angler harus selalu waspada jika spot rock fishing berada di karang yang tidak terlalu tinggi.

Walaupun penuh resiko, teknik rock fishing sangat digemari para pemburu ikan-ikan besar, seperti ikan kakap merah, kakap batu, kerapu, layur, barakuda, dan sebagainya. Waktu terbaik melakukan rock fishing biasanya pagi, sore, ataupun malam hari, karena di jam-jam tersebut ikan-ikan besar biasanya keluar untuk mencari makan. Faktor cuaca, kondisi air laut, angin, serta ombak juga wajib diperhatikan jika hendak melakukan rock fishing.

Peralatan yang wajib digunakan saat rock fishing adalah joran, reel dan benang pancing, timah pemberat (sinker), kail (hook), umpan (yang biasa digunakan adalah ikan utuh seperti ikan tongkol, kembung, belanak, dan lainnya), serta jangkar. Jangkar digunakan untuk menaikkan ikan, apabila ikan besar menyambar umpan. Tali jangkar yang digunakan berbahan kawat neklin yang merupakan salah satu model jangkar untuk memancing di atas tebing.

Karena rock fishing biasanya dilakukan pada sore sampai pagi hari, maka angler juga wajib membawa peralatan untuk bermalam, seperti tenda, peralatan makan dan memasak, serta alat bantu penerangan. Tidak lupa coolbox untuk menyimpan umpan dan hasil tangkapan, serta peralatan untuk mendaki tebing.

Bila tertarik melakukan rock fishing di Indonesia, salah satunya yang direkomendasikan adalah kawasan pesisir selatan Gunungkidul, Yogyakarta. Menawarkan deretan pantai dengan karakteristik bebatuan karang, beberapa spot yang difavoritkan penyuka rock fishing adalah Pantai Kesirat dan Pantai Karang Telu yang terletak di Kecamatan Panggang. Opsi lainnya adalah Pantai Watu Lumbung di Kecamatan Girisubo dan Pantai Timang yang terletak di Kecamatan Tepus.

Pantai Kesirat

Tip Melakukan Rock Fishing

  1. Pilihlah lokasi yang biasa dijadikan spot khusus untuk rock fishing. Tidak jarang biasanya angler menggunakan jasa porter atau navigator dari warga setempat untuk menuju spot.
  2. Pastikan menggunakan pakaian yang ringan dan mudah dilepas jika tiba-tiba terseret ombak. Disarankan pula untuk menggunakan life jacket, khususnya bagi angler yang tidak bisa berenang.
  3. Kenakan juga alas kaki yang ringan dan dapat melindungi kaki saat berjalan di atas bebatuan karang yang tajam.
  4. Selain stamina dan mental yang kuat, kondisi alam juga perlu diperhatikan, karena itu kegiatan ini membutuhkan persiapan yang benar-benar matang. Bila tiba-tiba hujan turun dan air laut pasang, jangan nekat melakukan rock fishing.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here